• Berkamu
  • Blog
  • bisnis
  • 10 Perilaku Ini Harus Kamu Miliki Sebelum Mendirikan Bisnis

10 Perilaku Ini Harus Kamu Miliki Sebelum Mendirikan Bisnis

bisnis 11 Mar 21
thumbnail_01-01.png

Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, tapi bukan pula hal yang sulit untuk dipelajari. Banyak pemimpin perusahaan besar merintis usahanya dari nol. Ketekunan, kegigihan, dan kejelian mereka dalam memimpin lama-kelamaan mampu mengantar mereka menjadi seorang pemimpin yang disegani oleh banyak orang. Lalu, apa saja sebenarnya yang keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin? Berikut ini pembahasannya, yuk, simak bersama!

Mengelola

Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan mengelola perusahaan dengan baik berdasarkan sistem yang ada, hubungan karyawan, hingga mengelola modal saat masih baru merintis perusahaan baru. Kata mengelola di sini dapat diartikan sebagai mengurus organisasi baik yang baru maupun yang sudah ada sebelumnya. Tak hanya perusahaan, pemimpin juga harus mampu melakukan manajemen waktu Mengelola disini juga harus bisa dalam hal mengelola organisasi perusahaan yang sudah ada dan sudah dijalankan. Seorang pemimpin juga harus bisa mengelola waktu yang ada agar bisa menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi mereka.

Memimpin

Siapa yang akan menyangkal hal yang satu ini. Seorang pemimpin memang harus dan wajib bisa memimpin. Baik memimpin orang lain ataupun dirinya sendiri. Seni dari sebuah kemampuan memimpin adalah saat di mana mereka mampu memimpin dan mengarahkan pengikutnya dengan berbagai macam karakter yang berbeda dan tidak mudah untuk disatukan. Namun, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan akan hal yang satu ini.

Menciptakan budaya perusahaan

Sebuah perusahaan tidak akan besar tanpa adanya sebuah budaya yang menopangnya untuk maju. Sebuah perusahaan membutuhkan yang namanya budaya perusahaan agar bisa mengimbangi setiap kemajuan yang muncul di masyarakat. Seorang pemimpin harus bisa menciptakan budaya perusahaan bagi perusahaan yang ingin didirikan. Akan tetapi, perlu diingat sebelum meminta karyawan untuk menjalankan budaya tersebut, pempimpin harus menghayatinya terlebih dahulu.

Bisa memprioritaskan waktu

Membangun sebuah bisnis tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Akan ada banyak waktu yang dikorbankan untuk membangun sebuah perusahaan dan menjadi seorang pemimpin yang baik. Banyak waktu pribadi tentu akan dikorbankan untuk hal ini. Guna menanggulangi hal ini, seorang pemimpin harus tahu mana yang menjadi prioritas utama dalam setiap kegiatan yang dikerjakan dalam satu waktu. Pekerjaan harus dipilah, yaitu yang harus dan wajib dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa dikerjakan di lain waktu.

Menyusun strategi

Inovasi, ide, ataupun strategi dalam berbisnis harus terus muncul untuk mewarnai berjalannya sebuah bisnis. Seorang pemimpin harus bisa menciptakan inovasi, ide, dan strategi yang dibutuhkan dalam bisnis. Sekalipun suatu waktu kita pasti membutuhkan ide dan inovasi yang berbeda dari orang lain, namun keputusan akhir tetap berada pada seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus mampu mempertimbangkan risiko dari setiap keputusan yang diambil.

Multitasking

Dalam menjalankan bisnisnya, seorang pemimpin pasti akan dituntut untuk bisa melaksanakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu sekaligus. Maka dari itu, keterampilan ber-multitasking merupakan suatu hal yang diperlukan oleh para pemimpin, terlebih saat sedang merintis bisnis baru. Akan tetapi, sebenarnya multitasking adalah kebiasaan yang buruk, lho! Apabila memang dibutuhkan, multitasking boleh dilakukan, namun jangan terlalu sering ya Kawan Conectizen! Akan lebih baik jika seorang pemimpim memiliki rekan kerja yang bisa saling membantu dalam menjalankan bisnis.

Menginspirasi

Dalam proses pelaksanaan usaha, pada suatu waktu tertentu akan ada masanya anggota tim akan merasa lelah dengan pekerjaan. Contohnya, ketika anggota tim mengalami burn out sehingga merasa lelah dan tidak mampu menyelesaikan tugas yang ada. Di saat inilah pemimpin harus mampu memberikan kontribusi aktifnya dengan memotivasi dan menginspirasi anggota tim agar semangat kembali. Dalam keadaan apapun, seorang pemimpin harus bisa menjadi penyemangat dan bahu untuk bersandar bagi anggota timnya demi keberlangsungan tim.

Membuat keputusan cerdas

Yang satu ini tentunya memang perlu untuk dilakukan oleh semua pemimpin di tiap waktu. Tak hanya di bidang bisnis, pemimpin di konteks lain seperti pemerintahan juga harus mampu membuat keputusan cerdas sehari-harinya. Keputusan cerdas yang dimaksud bukan hanya bisa memecahkan permasalahan di masa kini, namun juga harus bisa menyelesaikan atau bahkan mengantisipasi permasalahan di masa yang akan datang.

Merencanakan, melaksanakan, beradaptasi

Pemimpin pastinya memiliki banyak tanggung jawab yang harus diurus, mulai dari membuat perencanaan bisnis, eksekusi, hingga beradaptasi sambil menjalankan bisnis yang dirintis. Akan muncul banyak perubahan-perubahan yang terjadi sehingga pemimpin harus siap menghadapi dinamika dalam berbisnis. Pemimpin harus mampu menjalankan semuanya dengan jiwa kepemimpinan yang bijak dan tidak egois. Seorang pemimpin harus bersedia mendengarkan dan membantu anggota timnya dalam setiap permasalahan.

Menang

Yang terakhir adalah menang. Siapa sih, yang tidak ingin menjadi pemenang? Semua orang tentunya memiliki ambisi tersendiri untuk menjadi seorang pemenang, entah dalam konteks apapun di kehidupan. Menjadi seorang pemenang adalah suatu pola pikir yang harus dimiliki dan ditanamkan oleh tiap pemimpin. Akan tetapi, tetap ingat untuk selalu berada di jalan yang benar ya, kawan Conectizen! Hal ini dikarenakan terkadang orang luar akan menilai seorang pemimpin dan bisnis yang dijalankan berdasarkan pencapaian yang diraih. Kemampuan pemimpin akan dinilai di sini.

Bagikan artikel ini