• Berkamu
  • Blog
  • bisnis
  • 3 Trik Jitu Meningkatkan Marketing Bisnismu, Simak Yuk!

3 Trik Jitu Meningkatkan Marketing Bisnismu, Simak Yuk!

bisnis 09 Mar 21
thumbnail_02-01.png

Dalam bisnis, marketing adalah salah satu hal yang amat penting untuk dilakukan dan diberi perhatian ekstra. Dengan strategi marketing yang baik, angka penjualan produk bisnis bisa melambung tinggi. Hal ini dapat dilakukan tak hanya dengan kegiatan promosi, namun juga bisa melalui kegiatan non-promosi. Penentuan target pasar harus dipertimbangkan dengan matang. Mengingat betapa pentingnya strategi marketing, Conecworld punya 3 trik jitu yang bisa kawan Conectizen terapkan, nih! Yuk, kita simak!

Kenali target marketing dari bisnis

Sebelum melangkah lebih jauh dalam kegiatan marketing, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali target pemasaran dari bisnis yang diinginkan. Oleh karena itu, lakukanlah survei pasar dan tentukan siapa yang akan menjadi target pemasaran bisnis nantinya. Setelah itu, analisis pula permasalahan yang ada di lapangan agar bisnismu dapat hadir sebagai solusi di masyarakat.

Perlu diingat bahwa jumlah target pasar bukanlah satu-satunya hal yang perlu digarisbawahi. Informasi-informasi penunjang lain seperti di mana target pasar tinggal, produk apa yang mereka butuhkan, dan lain sebagainya juga perlu dikumpulkan. Informasi ini akan membantu pemasaran produk agar bisnis kita tepat sasaran. Data-data tersebut dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, lho! Mulai dari pengamatan sederhana hingga riset pasar, kawan Conectizen sudah bisa mengenali potensi calon pelanggan di masa depan.

Pilih jenis marketing yang sesuai

Pilihlah tipe marketing yang sesuai dengan anggaran dana, target, dan karakter bisnis. Salah satu jenis marketing yang umum di Indonesia adalah content marketing. Opsi ini juga bisa kawan Conectizen pilih, lho! Content marketing adalah pemasaran yang menarik perhatian konsumen potensial melalui posting-an di media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Kelebihan dari pemasaran jenis ini adalah minimnya biaya yang perlu dikeluarkan.

Selain content marketing, jenis pemasaran lain yang bisa kawan Conectizen coba adalah digital marketing yang memanfaatkan teknologi digital modern. Pemasaran dengan cara ini telah terbukti mampu menarik banyak pelanggan, terlebih di era yang serba menggunakan teknologi seperti sekarang ini.

Perhatikan strategi penyampaian untuk kostumer

Semakin jelas isi pesan yang disampaikan, akan semakin mudah pula pebisnis menarik calon pelanggan untuk menerima produknya. Terdapat banyak cara untuk menyampaikan pesan, namun salah satu cara yang termudah adalah dengan melalui gambar atau video. Pasalnya, pesan yang disampaikan melalui ilustrasi gambar dan video tampak lebih menarik dibandingkan dengan sekadar tulisan saja sehingga pelanggan pun makin tergugah.

Melakukan evaluasi strategi marketing

Setelah merencanakan dan mengaplikasikan strategi marketing, kawan Conectizen harus menilai, mengontrol, dan mengevaluasi hasilnya secara konsisten. Kawan-kawan bisa mencari tahu seberapa efektif pemasaran yang telah dilakukan agar dapat mengetahui hal apa saja yang bisa ditingkatkan. Sangat penting bagi sebuah tim untuk saling melihat dan mengamati, apakah semua anggota tim mengaplikasikan startegi yang telah disepakati.

Bagaimana, kawan Conectizen? Perlu diingat bahwa suatu bisnis tidak akan sukses tanpa adanya strategi marketing dan promosi yang baik. Apabila saat ini strategi marketing dan promosi yang kawan Conectizen lakukan belum ampuh, kawan Conectizen juga bisa mengonsultasikan bisnismu dengan Conecworld, lho!

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami