Bikin Produktivitas Kerja Meningkat, Aplikasi-Aplikasi ini Patut Kamu Coba

Self Development 01 October 2021

Kondisi pandemi yang belum nampak hilal selesainya membuat kerja dari rumah menjadi sebuah tren baru. Meski demikian, tidak semua orang dapat beradaptasi dengan keadaan ini dan berakibat pada produktivitas kerja yang menurun. Kalau Conectizen juga merasakan hal yang sama mengenai WFH, barangkali kamu membutuhkan aplikasi-aplikasi pembantu yang bisa mengorganisir kerja agar bisa lebih teratur lagi. Berikut Conecworld telah merangkum aplikasi-aplikasi yang membantu produktivitas kerja. Cek selengkapnya, ya!

  • Notion

Notion adalah aplikasi all-in-one yang bisa digunakan dengan fleksibel. Notion menawarkan workspace yang bisa disesuaikan dengan apa yang hendak kamu kerjakan. Ada berbagai macam template yang bisa kamu gunakan untuk mengorganisir pekerjaan di dalam Notion. Kamu bisa membuat to-do list, memberi dan mengerjakan tugas, menandai deadline, serta membuat catatan kerja. Berita baiknya, aplikasi ini tersedia di ponsel berbasis iOS maupun Android, serta memiliki versi PC dan bisa pula diakses di web. Kamu pun bisa mengundang teman-temanmu untuk mengerjakan daftar tugas bersama. Fleksibel sekali, bukan? Notion pun ramah terhadap startup yang berbasis customer-centered, karena telah menambahkan banyak template untuk kegiatan seperti user research dan design system.

Screen Shot 2021-10-01 at 09.23.30.png

Contoh template Notion yang bisa kamu utak-atik

  • Trello

Trello adalah aplikasi project management dengan bentuk ‘kartu’ yang bisa kamu coba, terutama bagi kamu yang senang UI sederhana. Kamu bisa mengorganisir tugas dengan mengelompokkan jenis progresnya. Kamu juga mendapatkan template otomatis untuk setiap pekerjaan yang urgent atau deadline-nya telah menjelang dengan warna kontras, sehingga kamu bisa langsung melihat pekerjaan urgent tersebut. Selain itu, kamu dapat mengubah nama-nama card di Trello sesuai dengan kebutuhanmu sendiri. Untuk mengundang teman-temanmu dalam satu workspace yang sama, kamu tinggal memasukkan email mereka dan teman-temanmu pun otomatis telah menjadi anggota workspace-mu tanpa perlu menunggu konfirmasi dari mereka.

Tampilan card Trello

  • iA Writer

Kalau kamu bekerja sebagai penulis, aplikasi ini bisa sangat membantu kamu untuk fokus menyelesaikan tulisan. iA Writer didesain khusus untuk kamu yang mudah terdistraksi, karena user interface-nya yang minimalis sehingga kamu tidak perlu ambil pusing dengan jenis font, ukuran kertas, dan hal-hal teknis lainnya. Beberapa keunggulan dari iA Writer antara lain: 1) kamu dapat langsung melakukan export file ke berbagai jenis ekstensi seperti HTML document, PDF, maupun .doc tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, 2) adanya fitur night mode untuk membantumu yang suka menulis di malam hari agar mata tidak rusak, 3) untuk kamu yang mau menulis novel maupun mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, kamu bisa menuliskan masing-masing bab secara terpisah dan menggabungkannya ketika telah siap di-export, serta 4) sinkronisasi antarperangkat yang fleksibel. Kalau kamu pengguna iOs dan Android secara bersamaan, iA Writer tetap bisa melakukan sinkronisasi dokumen terhadap dua perangkat tersebut, lho. Menarik, ‘kan? Oh iya, iA Writer juga merupakan aplikasi gratis, sehingga kamu tidak perlu memikirkan biaya subscription lagi sebelum menggunakannya.

Tampilan iA Writer

  • Forest

Punya konsep unik, Forest adalah aplikasi yang memberikan reward untuk kamu yang berhasil fokus dengan pekerjaanmu. Forest memblokir seluruh aplikasi yang terkoneksi dengan internet, dan tiap kamu bisa berhasil tidak terdistraksi dengan internet, kamu berhasil menanam satu pohon di hutan dunia. Jadi, ketika kamu fokus dengan pekerjaanmu, kamu juga membantu penghijauan lingkungan.

Screen Shot 2021-10-01 at 09.28.54.png

Tampilan Forest

  • Conecworld Super App

Percaya bahwa setiap individu memiliki keunikan dan kesempatan yang tidak terbatas, Conecworld cocok untuk kamu yang tertarik untuk meningkatkan produktivitas dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kamu juga bisa mendapatkan insights tentang pengembangan diri dan bisnis, serta berkonsultasi dengan para experts di berbagai bidang, mulai dari bisnis, hukum, sosial media, hingga perpajakan. Aplikasi ini tersedia di perangkat berbasis iOS maupun Android. Unduh sekarang, yuk.

Screen Shot 2021-10-01 at 09.28.30.png

Screen Shot 2021-10-01 at 09.28.42.png

,

Itu dia aplikasi-aplikasi yang bisa Conectizen coba untuk meningkatkan produktivitas selama bekerja. Semoga dengan informasi ini, Conectizen bisa lebih fokus dan berhasil mencapai target dalam pekerjaan. Selamat mencoba.

Bagikan artikel ini