• Berkamu
  • Blog
  • bisnis
  • Tren 2021 : Bisnis Kafe, Peluang Bisnis Menarik bagi Kaum Milenial

Tren 2021 : Bisnis Kafe, Peluang Bisnis Menarik bagi Kaum Milenial

bisnis 16 Mar 21
568x386_4-01.png

Hayo, apakah ada di antara kawan Conectizen yang gemar nongkrong di kafe hingga berjam-jam? Untuk beberapa tahun ke belakang ini, kafe kekinian sedang marak bermunculan baik di kota besar maupun kota kecil seluruh penjuru Indonesia. Banyak dari pelaku bisnis kafe merupakan anak muda yang juga suka nongkrong, lalu merintis usahanya sendiri. Tertarik dengan peluang bisnis di bidang ini? Yuk, kita kupas tuntas hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam bisnis kafe!

Pilihlah tempat yang strategis

Salah satu kiat jitu dalam membangun sebuah kafe kekinian meski dengan modal yang terbatas adalah memilih lokasi kafe. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan tempat yang strategis akan menarik banyak pengunjung untuk datang. Tidak harus mal, kafe juga bisa dibangun di pinggir jalan yang ramai atau di dekat kawasan perkuliahan atau perkantoran.

Tawarkan menu yang menarik

Baik itu makanan berat, ringan, maupun minuman, kawan Conectizen harus memperhatikan dengan baik kualitas menu yang ditawarkan, ya! Selain rasa, menggunakan bahan-bahan yang aman bagi perut pelanggan juga perlu diperhatikan. Pengusaha kafe harus inovatif, jangan terpaku pada menu yang itu-itu saja agar dapat bersaing dan memiliki nilai tambah tersendiri dibandingkan dengan kafe-kafe lain. Menawarkan menu-menu yang sedang viral di dunia maya bisa menjadi salah satu strategi pemasaran kafe.

Sediakan fasilitas yang nyaman

Saat ini, kafe tidak hanya menjadi tempat makan atau minum, namun juga sebagai co-working space atau tempat nongkrong masyarakat dari berbagai macam kalangan dan usia. Untuk mewadahi hal itu, pebisnis kafe harus menyediakan fasilitas yang lengkap dan tentunya membuat nyaman pelanggan. Wi-Fi, tempat duduk yang nyaman, pendingin ruangan, kawasan khusus rokok, serta hal-hal lain bisa disediakan. Tentunya, dengan tetap mempertimbangkan tipe kafe yang ingin dibangun, ya! Fasilitas lain seperti mushola dan toilet yang bersih dan wangi tentunya juga akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Gunakanlah tenaga sendiri

Selain merekrut karyawan kafe seperti barista, kasir, dan sebagainya, akan lebih baik kalau kita juga terjun langsung ke lapangan, lho! Tak hanya secara langsung bisa mengurangi biaya gaji pegawai, namun kita juga bisa mengetahui bagaimana kondisi bisnis kita sendiri sehari-harinya. Dengan begitu, kita juga akan mendapatkan ide-ide baru dalam mengembangkan bisnis yang dimiliki.

Nah, berikut merupakan beberapa tips yang bisa kawan Conectizen lakukan apabila ingin membangun bisnis kafe sendiri. Bagaimana, menarik bukan? Kawan Conectizen juga bisa mengonsultasikan ide bisnismu dengan Conecworld, lho!

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami