• Berkamu
  • Blog
  • bisnis
  • Buat Tim Bisnismu Sendiri, Yuk! Kepoin 5 Strategi Ini

Buat Tim Bisnismu Sendiri, Yuk! Kepoin 5 Strategi Ini

bisnis 20 Mar 21
568x386_12-01.png

Cita-cita untuk membangun sebuah bisnis pastinya membutuhkan orang-orang untuk mendukung dan berkolaborasi dalam bisnis tersebut. Hal itu merupakan langkah awal bagi seorang start-up founder. Semua calon start-up founder tentunya membutuhkan tim untuk diajak berkolaborasi membangun bisnisnya. Dengan tim yang baik, akan muncul berbagai macam ide dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada. Mewujudkan tim yang baik membutuhkan persiapan yang matang pula. Apa saja persiapan tersebut? Yuk, simak!

Melihat keahlian dari tiap individu

Pengalaman memang merupakan faktor yang juga harus dipertimbangkan, namun keahlian menjadi kunci utama yang dapat membantu bisnismu dapat dibangun menjadi besar dan sukses. Mengapa begitu? Sebab dengan keahliannya masing-masing, tiap anggota tim dapat memberikan sumbangsihnya terhadap berbagai kebutuhan bisnis. Memiliki keahlian yang baik juga akan menimbulkan rasa percaya antar anggota tim.

Bagi kawan Conectizen yang belum punya pengalaman di dunia kerja, jangan khawatir! Conecworld bisa mendukung kawan-kawan melalui berbagai macam program peningkatan keahlian berbisnis agar kawan Conectizen siap masuk ke dunia ­­start-up, lho!

Pertahankan kultur bisnismu

Selain keahlian dan ilmu, terdapat pula hal lain yang juga penting dalam membangun dan mempertahankan bisnis, yaitu menciptakan dan membangun kultur atau budaya tim itu sendiri. Di saat kita mengumpulkan banyak orang, tentunya akan bercampur pula banyak tipe kepribadian, sikap, bahkan pemikiran anggota tim yang berbeda-beda. Agar dapat berjalan bersama dengan baik, perbedaan-perbedaan ini harus disatukan menjadi sebuah kultur bisnis yang dianut bersama oleh seluruh anggota tim. Dengan begini, tim akan memiliki pondasi yang kuat.

Carilah kandidat yang adaptif

Solidaritas tim dapat diciptakan dengan menyamakan satu visi dan misi, meskipun masing-masing anggota berasal dari latar belakang yang berbeda. Salah satu caranya, sudah pasti dengan mencari kandidat anggota yang adaptif dan bersedia untuk bekerja bersama. Manfaatkan komunitas atau teman-teman lama untuk bertemu dengan orang-orang hebat yang bahkan belum dikenal sebelumnya. Berkolaborasilah dengan mereka, satukan ide dan visimu, lalu bangun start-up terbaik.

Manfaatkan media sosial

Guna melaksanakan tahap sebelumnya, kawan Conectizen amat bisa memanfaatkan kekuatan media sosial, lho! Seperti yang kita tahu, media sosial dapat mempermudah kita dalam bersosialisasi dengan orang lain, bahkan dari daerah yang sangat jauh dari domisili kita. Facebook, LinkedIn, atau bahkan Clubhouse yang sedang trending dapat dimanfaatkan.

Lengkapi kekurangan tiap anggota

Tidak ada tim yang sempurna dengan anggota yang menguasai semua macam keahlian, bahkan founder sekalipun. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anggota tim harus saling mendukung dan memberikan sumbangsihnya dari keahlian masing-masing. Tak hanya itu, tim yang baik juga harus mampu saling mendukung dalam hal lain dan mengisi kekurangan antar anggota. Jadikan tim sebagai penopang bisnis dengan memahami setiap karakter dan kemampuan yang dimiliki oleh seluruh anggota tim.

Berikut merupakan tips-tips yang bisa kawan Conectizen lakukan untuk membangun tim yang solid. Tak hanya ini, kawan Conectizen juga bisa mengakses tips dan trik menarik lain seputar bisnis maupun start-up melalui aplikasi Conecworld, lho!

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami