Buka Usaha Dengan Modal Kecil, Bisa Ga Sih?

Business 08 September 2021

Membangun suatu usaha bukanlah perkara yang mudah. Selain diperlukan tekad yang kuat untuk memulai dan konsistensi, tentunya diperlukan modal yang cukup untuk merealisasikan usaha tersebut. Terkadang, modal yang besar menjadi salah satu kendala yang menghalangi seseorang untuk membangun suatu bisnis sendiri. Namun kini, di zaman yang serba modern modal bukan lagi menjadi suatu halangan karena ternyata ada juga ide usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Apa saja kah itu?

  • Toko Online

Saat ini sebuah usaha tidak harus memiliki lokasi yang digunakan sebagai toko. Hal ini tidak lepas dari adanya teknologi internet yang memudahkan dalam membuat toko online. Kamu bisa mencoba untuk membuat toko online dari beberapa marketplace yang sudah banyak tersedia. Modal utama yang kamu butuhkan hanyalah ponsel dan laptop. Nantinya, ketika ada pesanan kamu hanya perlu menuju ke jasa ekspedisi atau kurir online untuk proses pengantaran barang.

Sedangkan untuk jenis barang yang bisa dijual, kamu bisa mencoba untuk membeli barang-barang thrift yang biasanya dijual dalam bentuk bal dikarenakan dengan modal yang minim kamu bisa langsung mendapatkan banyak barang dan tidak perlu khawatir akan balik modal atau tidak.

  • Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang seni desain, maka usaha ini cocok untukmu. Selain bisa menyalurkan bakat yang kamu miliki, kamu tidak memerlukan berbagai alat yang mahal. Kamu bisa memulai dengan membuat tawaran bagi logo perusahaan, gambar untuk baju, maskot, poster, booth, dan interior. Tapi, ada tips yang perlu kamu perhatikan. Jangan memulai bisnis ini dengan mematok harga terlalu tinggi. Pastikan kamu sudah memiliki portfolio desainmu dahulu, dan setidaknya memiliki testimoni dari konsumen jasa milikmu.

  • Cuci Sepatu

Beberapa tahun belakangan, pamor sepatu cukup tinggi dan hal ini membuka peluang bisnis baru. Bisnis cuci sepatu cukup menggiurkan, sebab meski setiap orang mampu untuk membersihkan sepatu, namun rasa malas bisa saja muncul dan akhirnya memilih menggunakan jasa cuci sepatu.

Selain itu, jasa cuci sepatu tidak memerlukan lahan luas. Bahan untuk mencuci sepatu juga cukup murah. Bisnismu juga akan semakin meningkat jika kamu memiliki kemampuan dalam mereparasi sepatu atau memodifikasi sepatu agar beda dari lainnya.

  • Dropshipper Online

Belakangan ide buka usaha dengan konsep shipper cukup banyak digandrungi lantaran modalnya yang terbilang kecil. Dropshipper sendiri adalah konsep perdagangan di mana penjual hanya membutuhkan strategi pemasaran dalam menjual barang dagangannya. Menjadi shipper artinya tidak memiliki produk barang karena barang tetap berada di tangan produsen, sementara shipper memasarkan dengan memasang foto produk secara online untuk menarik pembeli. Saat calon pembeli sudah ada, biasanya pengemasan hingga pengiriman produk juga dilakukan oleh produsen dan shipper tinggal menunggu keuntungan dari penjualan. Sistem ship ini cukup sering jadi andalan ide buka usaha awal bagi para pemula yang hanya ingin di rumah saja.Modal menjadi shipper pun hanya berupa pulsa internetan yang biasanya digunakan untuk memasarkan produk.

  • Aksesoris Handmade

Jenis usaha modal kecil untung besar selanjutnya yaitu bisnis aksesoris handmade. Bagi Anda yang suka berkreasi membuat berbagai macam aksesoris handmade, ini juga bisa menjadi peluang emas untuk menghasilkan uang.

Di sini, Anda bisa membuat kalung, gelang, anting, atau berbagai aksesoris rumah tangga lainnya seperti keranjang anyam, atau bantal sofa dan lain sebagainya. Anda bisa berkreasi dengan desain yang lucu dan menarik sehingga bisa menarik banyak peminat. Selanjutnya, barang hasil kreasi Anda ini dapat dipasarkan melalui online agar lebih muda.

Bagikan artikel ini