Bukan Cuma Soal Desain! Ini Pentingnya UI/UX untuk Bisnismu

Business 11 October 2021

Saat ini, ada perkembangan luar biasa dari produk digital untuk perusahaan besar hingga usaha kecil. Sebagian besar bisnis perlu hadir dalam bentuk digital, seperti aplikasi seluler dan situs web. Tantangannya adalah bagaimana agar aplikasi dan web kita dapat bersaing dengan kompetitor yang menawarkan barang atau jasa dengan bisnis kita. Oleh karena itu, ada fokus besar untuk membuat kesan pertama baik atau memberikan pengalaman terbaik kepada calon pelanggan yang mengunjungi web kita maupun mempertahankan pelanggan lama yang telah meng-install aplikasi dari bisnis kita.

Hal ini membuat kita perlu mengetahui dasar dari desain UX. Berikut Conecworld telah mengkompilasikan apa saja yang perlu kita ketahui tentang UX serta apa peran pentingnya terhadap pengembangan dan pengelolaan bisnis.

  • Apa itu desain UX?

UX adalah singkatan dari user experience atau pengalaman pengguna. Pengalaman Pengguna mencakup semua aspek interaksi pengguna akhir dengan perusahaan, produk, dan layanannya. Fokus pengalaman pengguna adalah menemukan sinergi antara tujuan bisnis dan kebutuhan pengguna. Sederhananya, UX adalahi tentang bagaimana perasaan pengguna saat menggunakan aplikasi, situs web, atau software kamu.Ada banyak aspek yang harus diperhatikan dalam mendesain UX, yaitu memperhatikan preferensi, persepsi, emosi, perasaan, dan gaya hidup si pengguna maupun calon pengguna. Desain UX yang positif meningkatkan kegunaan, aksesibilitas, dan perasaan senang terhadap interaksi dengan situs web atau aplikasimu.

  • Manfaat yang datang dengan desain UX yang efektif:

  • Meningkatkan Konversi

Banyak situs web yang menjual produk yang sama. Tetapi pelanggan memilih untuk membuka situs web dengan UX yang mudah dipahami dan efektif. Peningkatan jumlah pengunjung menghasilkan tingkat konversi atau kemungkinan produk digunakan oleh calon pelanggan yang meningkat.

  • Biaya Dukungan Lebih Rendah

Memiliki desain UX yang tepat memudahkan pengunjung untuk mendapatkan semua informasi tentang produk atau layanan di situs web milikmu. Jika pengguna mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan mereka di situs web atau aplikasi itu sendiri, mereka tidak perlu mengirim email atau menelepon Anda. Ini akan menurunkan biaya dukungan Anda.

  • Mendukung SEO

Ada kontribusi signifikan yang dibuat oleh desain UX yang efektif dalam hal peringkat SEO, selain kampanye pembuatan tautan – Tujuan akhir dari mesin pencari adalah untuk memberikan informasi kepada pengguna dengan cara yang cepat dan nyaman. Ada berbagai faktor yang digunakan mesin pencari untuk melacak keterlibatan pengguna, desain UX memiliki dampak langsung dan kuat. Desain UX memiliki banyak faktor untuk menjadi fokus, faktor utama adalah:

Waktu loading atau kecepatan halaman. (catatan: kecepatan situs web sangat penting untuk UX, dan hosting sangat penting untuk memiliki situs web yang lebih cepat. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli host yang cepat dan berkualitas, meskipun harganya sedikit mahal. Jangan puas dengan host biasa-biasa saja yang Anda bisa mendapatkan harga yang sangat murah di tempat yang berbeda

Meningkatkan loyalitas merek

Loyalitas merek adalah kecenderungan seorang konsumen untuk membeli barang dengan merek yang sama secara berulang, daripada merek pesaing. Membangun loyalitas merek adalah inti dari bisnis apa pun. Pengalaman pengguna yang bebas repot tidak hanya membuat pengguna terkesan pada pandangan pertama, tetapi juga mempertahankan mereka untuk hubungan jangka panjang. Desain UX yang berpusat pada pengguna dan perbaikan bug berkelanjutan adalah kunci untuk retensi pengguna dan mempertahankan loyalitas merek. Kalau pelanggan sudah loyal, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan barang atau jasa yang kita tawarkan terhadap orang yang ia kenal, bukan?

Nah, itu dia pentingnya UX Design yang bisa kamu terapkan ke dalam bisnismu. Kamu juga bisa bertanya kepada experts via konsultasi bareng Conecworld lho, untuk membahas hal ini. Sampai jumpa!

Bagikan artikel ini