Business Partnership mu Gagal? Cari Tahu Penyebabnya, Yuk!

Business 09 September 2021

Dalam dunia bisnis, istilah Business Partnership tidaklah asing bagi para penggiat bisnis. Secara harafiah, Business Partnership merupakan hubungan hukum yang dibentuk oleh kesepakatan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan bisnis sebagai pemilik bersama. Hal ini biasanya dilakukan oleh para penggiat bisnis untuk saling membantu, melengkapi, dan mendukung satu sama lain agar bisnis dapat berjalan dengan lebih baik.

Meskipun memiliki banyak keuntungan, namun pada kenyataannya banyak dijumpai Business Partnership yang gagal. Kegagalan ini pada akhirnya akan menimbulkan kerugian bagi setiap pihak yang terlibat. Entah berupa pembagian asset, kekuasaan, ataupun yang lainnya.

Kegagalan ini bisa disebabkan oleh berbagai factor, baik dari dalam maupun dari luar lingkup Business Partnership tu sendiri. Namun biasanya, kegagalan Business Partnership disebabkan oleh kurangnya jelasnya komunikasi di awal kesepakatan. Contohnya seperti perbedaan komitmen antar partner, visi misi yang berbeda, kepribadian yang tidak cocok, penyesuaian emosi yang kurang terjaga dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, ada juga faktor keluarga yang seringkali membuat Business Partnership gagal. Seperti yang sering diceritakan dalam Drama Korea, apabila berbisnis bersama saudara sendiri maka pada akhirnya akan menimbulkan perpecahan. Meskipun pada awalnya merasa cocok, namun pada akhirnya memang darah lebih kental dibanding air. Dengan embel-embel “sebagai keluarga”, terkadang partner malah menjadi seenaknya.

Hal-hal inilah yang harus kalian pikirkan sebelum berbisnis bersama orang lain. Harus ada komunikasi yang baik, keterbukaan dan perjanjian yang jelas mengenai berbagai hal. Karena apabila ada yang melenceng, kamu memiliki back up kesepakatan awal yang sudah kamu dan partner buat bersama.

Bagikan artikel ini