Gimana Cara Mengatasi Rasa Malas

Self Development 09 September 2021

Rasa malas adalah adalah sifat alamiah setiap makhluk hidup. Terutama disaat kita sedang merasa lelah, maka rasa malas itu akan muncul dan membuat kita mager alias malas gerak untuk beraktifitas. Sebenarnya rasa malas adalah hal yang wajar, namun apabila berlebihan dan sampai mengganggu produktifitas tentu saja itu tidak baik.

Di Jepang, terdapat suatu kebiasaan yang dikembangkan oleh masyarakat untuk mengembangkan produktivitas dan menghindari rasa malas. Kebiasaan tersebut disebut dikenal dengan istilah Teknik Kaizen. Berasal dari dua kata yakni Kai yang artinya perubahan dan Zen yang berarti lebih baik, teknik ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan agar bisa terus berkembang dan berubah kearah yang lebih baik. Dengan cara yang sederhana, teknik ini dianggap efektif untuk meningkatkan produktivitas seseorang.

Penerapan teknik ini sangat mudah, yakni cukup mengerjakan tugas kecil dalam waktu yang singkat tanpa distraksi dan dilakukan sefokus mungkin. Yang perlu diperhatikan adalah, tugas tersebut harus dilakukan secara konsisten setiap harinya di jam yang sama. Setelah terbiasa dengan kebiasaan tersebut, cobalah untuk menambah kesulitan dan intensitas kegiatan sehingga terjadi peningkatan pada diri.

Selain untuk membentuk kebiasaan produktif, teknik ini juga efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini disebabkan oleh rasa puas yang muncul karena berhasil menyelesaikan suatu tugas secara konsisten, sekecil apapun tugas tersebut. Rasa percaya diri ini juga yang akan mendorong kamu untuk terus berkembang dan berubah kearah yang lebih baik. Dan apabila sudah terbiasa, kamu akan menjalankan setiap tugas tanpa merasa terbebani.

Bagikan artikel ini