Kamu Orang yang Percaya Diri? Apa sih Kelebihannya?

Self Development 08 September 2021

Menjadi seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi tentu saja merupakan hal yang baik. Orang dengan kepercayaan diri tinggi seringkali dianggap sebagai pribadi yang ekstrovert, senang berteman, dan bersuara lantang saat bicara. Namun, percaya diri yang sesungguhnya berasal dari keyakinan terhadap kemampuan, keterampilan, dan nilai diri sendiri.

Memiliki sifat percaya diri tentunya merupakan keinginan sebagian besar orang yang ingin berhasil dalam meraih cita-citanya. Keinginan tersebut tentunya didasari oleh adanya anggapan bahwa memiliki rasa percaya diri merupakan suatu modal untuk bisa mencapai keberhasilan dalam hidup. Tapi apakah kalian tahu sebenarnya kelebihan apa yang bisa didapat dengan memiliki rasa percaya diri itu sendiri?

  • Tidak Takut Menghadapi Masalah

Kegagalan merupakan hal yang wajar terjadi dalam hidup, dan sifat percaya diri sangat diperlukan untuk bisa berani menghadapi masalah serta bangkit lagi. Menjadi seseorang yang percaya diri tentunya juga berani untuk mengambil resiko. Ia tidak takut untuk menghadapi suatu masalah karena ia percaya dengan apa yang dimiliki mampu membawanya pada hasil yang diharapkan nantinya.

  • Lancar dalam Berkarir

Memiliki sifat percaya diri secara tidak langsung dapat memberikan efek pantang menyerah. Oleh karena itu pada dasarnya orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi cenderung lancer dalam meniti karirnya. Apapun masalah yang terjadi, ia akan terus berjuang dan berusaha untuk menggapai segala hal yang menjadi impiannya. Selain itu, memiliki rasa percaya diri yang tinggi juga berarti memahami segala potensi yang dimiliki sehingga ia akan lebih memaksimalkan potensi tersebut untuk bisa mencapai tujuan akhirnya.

  • Dapat Menciptakan Peluang

Orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi cenderung membawa diri mereka kepada sifat yang aktif. Mereka lebih senang untuk “mencari” dibandingkan dengan “menunggu”. Dari segi peluang, orang dengan rasa percaya diri yang tinggi dapat mencari atau bahkan menciptakan peluang untuk mereka sendiri manfaatkan. Karena mengetahui langkah apa yang harus dilakukan, ia akan memanfaatkan hal tersebut untuk menciptakan suatu peluang.

Meskipun terdapat berbagai kelebihan, menjadi terlalu percaya diri juga bukanlah hal yang baik. Segala sesuatu tetap harus ada porsi dan batasannya masing-masing karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Tetap rendah hati dan janganlah berperilaku sombong yaa.

Bagikan artikel ini