• Berkamu
  • Blog
  • bisnis
  • Kebiasaan Ini Bisa Menghambat Bisnis Barumu, Apa Saja?

Kebiasaan Ini Bisa Menghambat Bisnis Barumu, Apa Saja?

bisnis 16 Mar 21
568x386_5-01.png

Entrepreneur tentunya memiiki karakter dan sifat yang berbeda-beda dengan cara yang beragam pula dalam menjalankan usahanya. Hal itu juga termasuk penataan kebiasaan kerja yang baik dan produktif serta efektivitas kerja untuk meraih hasil yang lebih baik. Bagi orang yang tidak memiliki kebiasaan baik saat bekerja tentunya hal ini bisa memengaruhi pekerjaan dan bisnis mereka. Lalu, apa saja hal-hal yang harus dihindari oleh pebisnis? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Melakukan hal yang tidak terencana

Ketika menjadi seorang pengusaha, to do list atau perencanaan kerja harus menjadi prioritas. Bisnis tidak bisa dilakukan tanpa adanya rencana berisi hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Melakukan perencanaan akan membantu diri kita dalam menggali kemampuan diri dan mengatur tugas yang harus dikerjakan hari itu juga. Tak hanya mendaftar hal-hal yang perlu dilakukan, kita juga perlu membuat skala prioritas, lho.

Membalas e-mail di malam hari

Menjaga komunikasi tentunya merupakan kunci yang krusial dalam menjalankan segala sesuatu, termasuk kegiatan bisnis. Akan tetapi, kita harus tetap mengingat waktu. Maka dari itu, hindarilah berkomunikasi di waktu yang tidak etis atau mengganggu kehidupan pribadi orang lain. Selain mengganggu, hal ini juga dapat membuat orang lain berpikir bahwa kawan Conectizen tidak menghormati orang tersebut, lho! Ingat, lakukanlah pekerjaan dengan profesional dengan melakukan manajemen waktu sebaik mungkin, ya!

Menjadikan jam istirahat untuk bekerja

Menjadi entrepreneur bukan berarti mendedikasikan seluruh waktu yang dimiliki untuk bekerja dan memiih untuk tidak beristirahat, ya! Manfaatkan fleksibilitas untuk bekerja dan istirahat kapan saja. Akan tetapi, tetap atur waktu dengan baik dan tentukan kapan kawan Conectizen harus bekerja dan kapan bisa beristirahat. Setelah itu, kita harus disiplin pada waktu kerja yang sudah ditetapkan oleh diri sendiri sebab jika tidak, dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental.

Tidak tepat waktu

Apabila saat menjadi seorang karyawan saja kita sering terlambat datang ke kantor, apa jadinya ketika nanti kita menjadi seorang pemimpin yang harus mengayomi banyak anggota tim? Biasakan diri sendiri untuk datang tepat waktu agar dapat memberi contoh positif bagi orang lain. Tak hanya datang ke kantor, ketepatan waktu juga harus diterapkan terlebih saat menghadiri pertemuan dengan klien atau kolega bisnis. Mengatur jadwal lagi-lagi harus dibiasakan agar setiap pekerjaan bisa selesai tepat waktu tanpa menyia-nyiakan sedetik pun waktu kita yang berharga.

Menyepelekan pekerjaan

Selain terlambat, kebiasaan menunda dan menyepelekan pekerjaan pun harus dihilangkan. Buatlah daftar yan berisi pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan sekaligus urutkan berdasarkan prioritas mana yang terpenting sesuai dengan target waktu kapan pekerjaan-pekerjaan tersebut harus selesai.

Selalu merasa tidak bisa

Biasakanlah dirimu untuk mengatakan "Aku bisa!" terhadap segala tantangan yang ditemui, termasuk untuk hal-hal yang dirasa amat sulit sekalipun. Akan tetapi, bukan berarti kawan Conectizen tidak perlu melakukan pertimbangan dan mengkalkulasikan segala kemungkinan, ya! Hal terpenting yang harus dibiasakan adalah memiliki niat yang kuat untuk melakukan segala sesuatu sebelum menyerah tanpa berusaha.

Multitasking

Multitasking adalah sebuah keterampilan yang sebenarnya dibutuhkan oleh para entrepreneur, akan tetapi hal ini juga dapat berdampak buruk, lho. Terkadang, alih-alih mempercepat pengerjaan tugas, multitasking malah memperlambat kita. Belum lagi, apabila kita kesulitan membagi fokus sehingga hasil yang dilahirkan tidak sesuai dengan target. Manfaatkan waktu dengan baik agar kualitas dari pekerjaan yang dilakukan dapat terjaga. Dibandingkan dengan mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu, tentukanlah tugas mana yang menjadi prioritas dan tuangkan fokusmu guna menyelesaikan tugas tersebut sebelum beralih ke pekerjaan yang lain.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami