Lebih Cuan Dengan Decoy Effect

Business 09 September 2021

Di masa sekarang ini, usaha berbasis F&B sedang naik daun khususnya di Indonesia. Dimulai dari maraknya lagu-lagu Indie dipasaran membuat masyarakat menjadikan kopi sebagai sebuah trand dalam pergaulan masa kini. Trend inilah yang meningkatkan pertumbuhan usaha coffee shop dengan kelas harga yang lebih murah dibanding café penjual kopi lainnya yang sudah ada jauh sebelum trend Indie muncul.

Bagi seseorang yang tertarik dalam bidang F&B, khususnya minuman, pasti tidak asing lagi dengan istilah Decoy Effect. Meskipun tidak hanya pada minuman, trik ini juga digunakan pada makanan seperti popcorn, kentang goreng, ataupun snack-snack yang lainnya. Sebenarnya decoy effect itu apasih?

Decoy Effect adalah sebuah teknik pemasaran yang membuat orang memilih harga yang paling mahal dah hal itu membuat pembeli merasa sudah memilih produk termurah serta paling menguntungkan. Kuncinya adalah pada ilusi harga, dimana kita memberikan 1 tambahan opsi yang akan membuat pembeli mempertimbangkan produk tertentu yang tentunya lebih mahal.

Screen Shot 2021-09-09 at 21.07.13.png

Dengan ilustrasi sebagai berikut dimana harga kentang medium dibuat tidak terlalu berbeda jauh selisihnya dengan kentang large. Secara otomatis, pembeli akan berfikir hanya dengan menambahkan sedikit uang mereka akan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Padahal sebenarnya, dari sisi kita hanya menawarkan 2 ukuran saja yakni small dan large, sedangkan ukuran medium hanya sebagai umpan saja agar pelanggan membeli produk dengan hrga termahal.

Triknya disini adalah harga antar produk medium dan large jangan sampai terlalu jauh, sedangkan untuk harga small jangan sampai kurang dari setengah harga large. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada pembeli yang lebih memilih untuk membeli 2 produk small dengan harga yang lebih murah dibandingkan 1 produk large. Sebagai contoh apabila harga kentang small di atas hanya Rp 10.000, kemungkinan besar pembeli akan lebih memilih untuk membeli 2-3 kentang small saja dibanding langsung membeli yang besar. Sedangkan tujuan dari Decoy Effect ini sendiri adalah mengarahkan pembeli untuk membeli produk termahal. Oleh karena itu, apabila harga kentang small saja Rp 15.000 maka akan menimbulkan dilemma pembeli untuk memilih dan berakhir untuk membeli produk dengan harga paling mahal.

Bagikan artikel ini