Masih Belum Bisa Manajemen Waktu? Pelajari Teknik Ini!

Self Development 08 September 2021

Kalian pasti pernah mengalami kewalahan dalam mengerjakan tugas-tugas yang banyak, apalagi bila tugas itu sangat susah untuk dikerjakan. Sebenarnya hal tersebut bukan salah dari tugasnya, melainkan ada yang salah dengan manajemen waktu dan prioritasmu.

Dalam artikel “Gimana Sih Cara Mengoptimalkan Skill Time Management?” kamu sudah diajarkan untuk mengatur skala prioritas sebelum melakukan sesuatu. Kerjakanlah apa yang penting dan mendesak terlebih dahulu sebelum kamu berlanjut ke matrix berikutnya. Apabila prioritasmu sudah benar, maka pekerjaan pun akan lebih mudah untuk dilakukan.

Selain itu, terdapat suatu teknik lagi yang bisa membantumu untuk mengerjakan segala sesuatunya dengan lebih maksimal. Teknik tersebut adalah Teknik Podo Moro, dimana kamu selalu memiliki waktu untuk fokus dan istirahat dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan.

Screen Shot 2021-08-08 at 07.42.41.png

Dalam teknik ini, kamu harus bisa menyusun rencana kegiatan dengan menerapkan Teknik Skala Prioritas terlebih dahulu. Apabila susunan kegiatan sudah dibuat, eksekusi kegiatan-kegiatan tersebut dengan Teknik Podo Moro. Fokuslah terhadap apa yang kamu kerjakan selama waktu tertentu dan beristirahatlah sebentar sebelum melakukan kegiatan selanjutnya. Usahakan untuk tidak multitasking dan benar-benar fokus terhadap satu hal saja.

Ketika waktu bekerja, jauhkanlah hal-hal yang bisa membuatmu kehilangan fokus seperti bermain HP, mengobrol dengan teman, ataupun hal-hal lainnya. Begitu juga sebaliknya, apabila sedang beristirahat jauhkanlah dirimu dari hal-hal yang bisa membuatmu teringat akan pekerjaan seperti Laptop, buku catatan dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat membuat waktumu menjadi lebih efisien dan hasil yang kamu peroleh juga lebih optimal. Setelah berhasil menjalankan hal tersebut, jangan lupa pula untuk selalu konsisten.

Bagikan artikel ini