Mindful! Salah Satu Kunci Nggak Baper Saat Bekerja

Self Development 11 October 2021

Menjadi Mindful, Salah Satu Kunci Nggak Baper Saat Bekerja

Mindfulness — memperhatikan saat ini dengan cara menerima dan tidak menghakimi — adalah praktik sederhana yang bisa dicoba untuk semua kalangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa metode ini juga merupakan metode yang dapat diandalkan untuk mengurangi stres, termasuk di tempat kerja.

Sederhananya, menjadi mindful adalah cara untuk melatih pikiran. Seringkali, pikiran kita mengembara — kita berpikir tentang masa depan, memikirkan masa lalu, khawatir, resah, atau melamun. Menjadi mindful membawa kita kembali ke saat ini, dan memberi kita alat yang kita butuhkan untuk mengurangi stres, lebih tenang dan lebih ramah kepada diri kita sendiri dan orang lain.

Dilansir dari NY Times, Dan Harris, penulis 10 Percent Happier pernah berkata bahwa ia menganggap mindfulness sebagai kemampuan untuk tidak terpengaruh oleh emosi diri sendiri.

Ada banyak cara untuk menumbuhkan kesadaran di tempat kerja, mulai dari berjalan di siang hari hingga berhenti sejenak saat makan. Salah satu cara yang paling dapat diandalkan adalah meditasi sederhana.

Menemukan Fokus Ketika Sedang Bekerja

Akan sangat membantu untuk punya perhatian penuh ke pekerjaan Anda, yang dapat menjadi sumber stres yang signifikan. Stres di tempat kerja menjadi semakin menumpuk. Dengan adanya email, gosip di kantor, dan media sosial yang terus-menerus bersaing untuk mendapatkan perhatian kita, sering kali kita menghabiskan waktu hingga jam-jam yang seharusnya dipakai untuk istirahat.

Salah satu cara agar dapat memusatkan perhatian adalah dengan membiarkan kita meningkatkan fokus kita. Ketika kita terus-menerus berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya secara terburu-buru, apalagi ketika tidak teliti, kualitas pekerjaan kita bisa menurun. Dengan melatih perhatian — mencoba untuk hanya berpikir tentang saat ini secara berulang-ulang — kita dapat melatih diri kita untuk menjadi lebih fokus.

Tujuan perhatian penuh bukanlah untuk berhenti berpikir, atau mengosongkan pikiran. Sebaliknya, intinya adalah memperhatikan sensasi fisik, pikiran, dan emosi Anda untuk melihatnya lebih jelas, tanpa membuat banyak asumsi, atau mengarang cerita.

Mencari Tempat Paling Produktif

Kadang, tidak selamanya kantor menjadi tempat terproduktif bagi kita untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan mempelajari cara untuk lebih fokus secara efektif, berkomunikasi dengan lebih empati, dan mengelola frustasi kita, kita dapat menghindari banyak masalah yang bisa jadi ujungnya mengarah pada ketidakpuasan dalam pekerjaan.

Memilih Opsi Apa pun dengan Sadar

Tidak selalu perlu latihan meditasi formal, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk memberi diri Anda kesempatan yang lebih baik untuk menjadi mindful dan tidak kepikiran masa depan:

Matikan notifikasi pada ponsel.

Tentukan jadwal jam tertentu untuk membalas chat atau email di kantor Selesaikan satu tugas sebelum Anda memulai tugas berikutnya.

Berhenti sebentar

Mungkin hal paling sederhana untuk dilakukan adalah menemukan momen yang tepat untuk hanya fokus ke saat ini. Mindfulness tidak hanya dikembangkan dengan meditasi saja, Conectizen.

  1. Cobalah untuk menjadi mindful ketika berada di sela-sela kesibukan

Saat Anda harus menunggu beberapa saat — di lift, saat komputer Anda menyala atau saat ada sesuatu yang dicetak, daripada mengeluarkan ponsel dan memeriksa email Anda, cobalah mengambil jeda.

Luangkan waktu sejenak untuk ‘sadar’ tentang bagaimana tubuh Anda bekerja. Bagaimana rasanya menghela napas? Bagaimana rasanya berdiri, atau duduk, dengan berat tubuh Anda seimbang di sana?

Jika pikiran Anda mulai mengembara ke hal-hal lain, Anda bisa mencoba untuk ‘merasakan’ apa yang terjadi di sekitar Anda saja untuk saat ini. Fokus.

Meninggalkan Pekerjaan di Tempat Kerja

Kebiasaan lain yang baik untuk dilakukan adalah menjadi lebih bijaksana dengan jam kerja saat kita tidak di kantor. Cobalah untuk tidak memeriksa email Anda tanpa henti saat Anda di rumah. Lakukan yang terbaik untuk meninggalkan pekerjaan di tempat kerja Anda. Ini akan membantu Anda bisa selalu menghargai kebersamaan dengan teman dan keluarga, dan juga lebih segar saat tiba di kantor.

Latihan sederhana, yang dikenal sebagai R.A.I.N., dapat membantu kita tetap berada di saat ini dan tidak terjebak dengan emosi kita sendiri.

R: Recignize atau Kenali. Akui apa yang terjadi, catat saja dengan tenang dan menerima.

A: Accept atau Terima. Biarkan hidup menjadi apa adanya, tanpa berusaha mengubahnya segera, dan tanpa berharap muluk bahwa hidup akan berubah dalam waktu sekejap.

I: Investigate atau Selidiki. Rasakan bagaimana perasaan Anda ketika bertemu rival atau teman baik di kantor? Catat saja ya!

N: Non identified atau Non-Identifikasi. Sadarilah bahwa perasaan yang sedang berkecamuk di kepala Anda itu akan segera berlalu dan tidak akan pernah cukup untuk menjelaskan siapa Anda sebenarnya.

Itu dia tips agar dapat bekerja dengan efektif dan nggak baperan ketika sedang bekerja. Selamat mencoba, Conectizen!

Bagikan artikel ini