Mindset Kaya vs Mindset Miskin Kamu yang Mana?

Self Development 08 September 2021

Mindset merupakan suatu pandangan ataupun pikiran yang tertanam dalam diri setiap manusia. Mindset tersebut tentunya juga akan mempengaruhi setiap keputusan yang akan diambil nantinya. Dengan adanya suatu mindset, setiap orang dapat menjadi apapun yang dia inginkan asalkan ia memiliki mindset yang sesuai. Salah satunya adalah menjadi orang kaya dengan memiliki Mindset Kaya.

Sebagian besar orang sebenarnya tidak menyadari bahwa mereka memiliki Mindset Miskin, yakni dengan berperilaku konsumtif, menghambur-hamburkan uang dan tidak berpikir secara visioner. Seseorang dengan Mindset Miskin selalu lari dari masalah dan mencari kambing hitam untuk menyelesaikan suatu masalah. Hal itu tentunya membuat orang tersebut menjadi tidak berkembang dan terjebak dalam “zona nyaman”.

Sedangkan orang dengan Mindset Kaya selalu berpikiran positif dan solutif. Apabila terjadi suatu masalah, ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari solusi dan menyelesaikan masalah tersebut. Dalam hal habit juga seseorang dengan Mindset Kaya akan berpikir secara visioner mengenai hal-hal apa saja yang bisa membuatnya berkembang di kemudian hari, seperti membaca buku-buku yang bermanfaat, menginvestasikan pendapatan, menjaga pola hidup sehat dan lain sebagainya.

Apabila kalian sudah terjebak dalam Mindset Miskin, mulai sekarang cobalah untuk merubah mindset kalian secara perlahan. Mulailah dari hal-hal kecil seperti bangun lebih pagi dan mengurangi begadang, membuat jurnal dan plan harian, serta makan makanan sehat dan bergizi seimbang.

Bagikan artikel ini