Sukses Kembangin Bisnis di Masa Pandemi

Business 09 September 2021

Sudah berlangsung hampir dua tahun sejak Pandemi Covid-19 muncul di Indonesia. Lamanya penanganan pandemi secara tidak langsung memberi dampak kepada kehidupan masyarakat dari berbagai aspek, seperti pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan lain sebagainya.

Seperti yang kita tahu, dampak dalam aspek ekonomi selalu menjadi sorotan dan bahan pertimbangan dalam beberapa aturan yang diterapkan oleh pemerintah, sebagai langkah untuk menangani pandemi ini. Bukan hanya di Indonesia, bahkan juga seluruh dunia. Dalam dunia bisnis, kondisi ini menjadi pertimbangan tersendiri baik untuk bertahan ataupun mengembangkan bisnis itu sendiri.

Pada dasarnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan bisnis di masa pandemic ini. Meskipun profit yang dihasilkan tidak akan semaksimal pada masa sebelum pandemic, setidaknya cara ini efektif untuk menjaga dan mempertahankan eksistensi bisnis.

  • Berikan Diskon dan Penawaran Harga

Meskipun bertentangan dengan tujuan memperoleh keuntungan, namun cara ini sangat efektif untuk meningkatkan interaksi dan ketertarikan pelanggan. Setidaknya ini bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan brand awareness bisnis, yang tentunya akan berdampak positif di kemudian hari. Namun tetap pastikan bahwa diskon dan penawaran harga yang diberikan tidak merugikan bisnismu.

  • Lakukan Kolaborasi Strategis

Setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu disaat seperti ini adalah saat yang tepat untuk berkolaborasi bersama bisnis lain. Tujuan dari kolaborasi itu sendiri adalah untuk saling melengkapi kelemahan dan membantu membangun produk layanan atau penawaran baru untuk pelanggan.

  • Jaga Konsumen Lama

Menurut Forbes, biaya akuisisi untuk mendapatkan pelanggan baru, bisa 5 kali lebih banyak daripada mempertahankan yang sudah ada. Di masa sekarang ini dengan pemasukan yang terbatas, menjaga pelanggan lama adalah jalan yang tepat. Daripada menghabiskan biaya untuk melakukan akuisisi, merancang penawaran menarik untuk pelanggan lama dapat menjadi pilihan yang menguntungkan.

Bagikan artikel ini