• Berkamu
  • Blog
  • bisnis
  • Tren 2021 : Berawal dari Drama Korea, Ini 6 Tips untuk Bisnismu

Tren 2021 : Berawal dari Drama Korea, Ini 6 Tips untuk Bisnismu

bisnis 16 Mar 21
568x386_7-01.png

Berbagai macam produk dari industri hiburan negeri ginseng ini bukanlah hal yang baru di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah drama Korea yang tak hanya menawarkan bintang-bintang ternama, namun juga alur cerita yang menarik. Bahkan, kita bisa mengambil pelajaran berharga dari cerita-cerita tersebut, terutama drama Start-Up yang belakangan ini sedang ramai digandrungi oleh masyarakat. Siapa sangka, drama Korea juga bisa menjadi inspirasi para entrepreneur untuk dijadikan ide bisnis, lho! Yuk simak apa saja sih hal menarik yang bisa diterapkan untuk rencana bisnis selanjutnya!

Mulailah dengan strategi

Tak hanya memiliki ide yang cemerlang, entrepreneur juga harus menyiapkan strategi untuk melaksanakan ide bisnisnya agar tidak sia-sia. Perencanaan atau planning merupakan salah satu langkah awal yang harus dilakukan bersama dengan tim saat sedang merintis bisnis. Mulai dari membuat model bisnis yang berisikan strategi marketing, konsep pasar, rincian biaya, hingga susunan organisasi, seluruhnya perlu direncanakan secara matang.

Mengikuti program yang diadakan inkubator

Pada salah satu episode, ditunjukkan tentang bagaimana sebuah bisnis atau start-up yang sedang dirintis harus mengikuti program selama 6 bulan lamanya dalam rangka mematangkan ide bisnis. Bahkan, sebenarnya program ini dapat berlangsung lebih lama dari itu, dengan harapan bisnis akan siap turun ke pasar dengan segala risiko yang akan datang. Saat ini, tak hanya inkubator yang berperan sebagai lembaga bantuan untuk memulai bisnis. Akselerator merupakan alternatif lain untuk memula sebuah bisnis dalam waktu 3 bulan. Namun, akselerator biasanya hanya mau menerima dan mengembangkan sebuah bisnis yang sudah memiliki produk yang jelas sehingga hanya butuh dijalankan.

Bentuk sebuah tim untuk mencapai goals

Menjalankan sebuah bisnis atau organisasi tentunya membutuhkan lebih dari satu orang. Bukan hanya uang, namun tim yang solid juga amat mendukung keberhasilan sebuah bisnis. Mengenali karakter dari masing-masing individu, baik kelebihan maupun kekurangan akan sangat bermanfaat untuk kerja tim. Toleransi sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan solidaritas antar anggota tim. Hal ini tentunya akan berbuah manis terhadap kelangsungan bisnis yang dirintis.

Perhatikan sistem permodalan bisnis

Tak kalah penting, modal pasti sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis agar bisa berkembang. Salah satu cara untuk mengelola modal bisnis adalah mencari investor yang bersedia memberi dan menanam modal pada bisnis tersebut. Jangan lupa untuk mempelajari seluk beluk dari dokumen yang akan dipersiapkan dan baca kontrak-kontrak yang akan diterima dari investor, ya!

Tidak takut gagal

Seperti kisah yang dijalani oleh Seo Dal Mi, Han Ji Pyeong, Nam Do San, dan Seo In Jae di drama Start-Up, kita tahu bahwa mereka semua tidak pantang menyerah dan senantiasa terus mencoba. Selain rencana yang matang dan ilmu maupun keahlian khusus, rasa keberanian merupakan suatu hal yang penting untuk dimiliki oleh pebisnis sebab kesempatan emas takkan datang dua kali. Akan tetapi, kawan Conectizen juga tetap harus melakukan analisis menyeluruh terhadap tiap kesempatan, ya!

Memilih mentor yang sesuai

Mencari sosok seorang mentor yang ahli dan berpengalaman di bidangnya akan berpengaruh dalam pekembangan suatu bisnis atau start-up yang akan dimulai atau sudah dijalani. Pengalaman yang mereka miliki bisa menjadi pelajaran berharga bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Hal itu bisa menjadi bahan eksekusi ide agar menjadi lebih baik, bahkan dapat pula mendorong dan menjadi tantangan bagi para entrepreneur guna mewujudkan ide-ide tersebut.

Tak hanya sekadar tontonan, kita pun bisa mendapatkan perspektif lain untuk memulai suatu bisnis dari drama Korea, bukan? Tunggu apa lagi, kawan Conectizen? Conecworld bisa menyediakan segala kebutuhan bisnismu mulai dari mencari ide, mentor, hingga investor, lho! Yuk, hubungi Conecworld!

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami