• Berkamu
  • Blog
  • bisnis
  • Tren 2021 : Kesehatan Mental Karyawan Juga Penting! Tips Motivasi Karyawan Kurang dari 6 Menit!

Tren 2021 : Kesehatan Mental Karyawan Juga Penting! Tips Motivasi Karyawan Kurang dari 6 Menit!

bisnis 16 Mar 21
568x386_6-01.png

Penurunan motivasi dalam sebuah tim tentunya merupakan suatu hal yang ingin dihindari oleh para pelaku bisnis atau start-up. Sejatinya, dinamika akan selalu terjadi dalam tim. Akan tetapi, pimpinan yang baik juga harus bersikap cepat tanggap terhadap permasalahan ini agar motivasi dalam tim dapat segera dibangkitkan kembali. Kurang dari 6 menit, berikut ini 4 teknik yang mampu meningkatkan motivasi tim hanya dalam waktu singkat. Yuk, simak!

Hargai setiap prosesnya

Terkadang, seseorang bisa menunda pekerjaan karena mereka berpikir bahwa tugas bisa dikerjakan lain waktu dan malah memprioritaskan hal lain. Akan tetapi, pada kenyataannya, kebiasaan menunda dapat menurunkan motivasi, lho! Terkadang tim menunda-nunda pekerjaan karena mereka berpikir bahwa tugas yyang diberikan bisa dikerjakan dan lebih memprioritaskan hal lain . Namun pada kenyataannya, menunda pekerjaan ini menjadikan turunnya motivasi mereka.

Kembali ada visi perusahaan

Pemicu motivasi secara umum adalah menghubungkan tindakan saat ini dengan visi yang lebih besar. Jika sudah melihat tanda-tanda kurangnya motivasi atau produktivitas dari tim, itu mungkin karena mereka telah kehilangan hubungan antara apa yang mereka lakukan dan yang diinginkan untuk diraih di perusahaan. Secara aktif, motivasilah para anggota tim dengan mengingatkan mereka akan visi mereka dan visi perusahaan.

Mengerti kebutuhan setiap individu

Seorang pimpinan harus bisa mencari tahu apa yang membuat motivasi anggota tim menurun ketika berinteraksi langsung dengan mereka. Pemimpin diharuskan menjadi peka dalam mendeteksi berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh tiap individu, kemudian melakukan pendekatan secara khusus untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Mengapresiasi setiap kerjanya

Pengakuan dan penghargaan dari keberhasilan yang diraih oleh tim merupakan hal yang berarti bagi para anggota. Jika mereka mendapat motivasi berupa tindakan, namun tidak mendapat pengakuan atas prestasi, maka mereka akan tetap merasa letih. Pengakuan atas kesuksesan di masa lalu adalah motivator yang berpengaruh di masa depan.

Sebagai seorang pemimpin yang baik, harus bisa menjadi sumber motivasi dan panutan bagi timnya. Kepekaan dan perhatian sangat diperlukan agar karyawan terus termotivasi dalam melakukan tugasnya. Ingatlah bahwa mereka adalah tim yang akan menjadi penggerak kawan Conectizen mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami