• Blog
  • Skill
  • Tren Kerja 2021 : Multitasking Sebenarnya Baik atau Buruk, sih?

Tren Kerja 2021 : Multitasking Sebenarnya Baik atau Buruk, sih?

Skill 08 September 2021

Multitasking merupakan suatu istilah dalam pengerjaan beberapa aktivitas ataupun pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Bagi sebagian orang, multitasking merupakan hal yang menguntungkan karena pekerjaan dapat selesai dengan lebih cepat sehingga kita masih memiliki banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Terutama bagi kaum milenial yang selalu ingin produktif dan bisa mengerjakan banyak hal.

Namun pada kenyataannya, multitasking tidak selamanya memberikan efek positif. Menurut Pritta Tyas Mangestuti, Psikolog Klinis dari Universitas Gadjah Mada, multitasking justru menghabiskan banyak energi yang tentunya bisa menyebabkan kelelahan. Hal ini sangat berbanding terbalik dari tujuan awal multitasking itu sendiri.

Selain itu, menurut Studi dari Western Washington University pada tahun 2009 mengatakan bahwa multitasking beresiko membuat seseorang kehilangan atau melewatkan sesuatu dikarenakan tidak sepenuhnya fokus saat bekerja. Para peneliti menyebut ini sebagai kebutaan yang tidak disengaja, karena meskipun bisa melihat namun tidak ada yang bena-benar terekam oleh otak.

Oleh karena itu, apabila ingin mengerjakan pekerjaan secara maksimal lebih baik untuk fokus pada satu pekerjaan saja. Dengan melakukan hal tersebut, hasil akan menjadi lebih maksimal dan sempurna. Namun apabila memang diperlukan, tidak ada salahnya untuk melakukan multitasking sesekali.

Bagikan artikel ini