Business Guide

Here, you can learn about business from scratch. These information will tell you what to do based on your business phase.

Pentingnya Analisis Kompetitif untuk Menemukan Keunggulan Bisnismu

None

Analisis kompetitif adalah pengumpulan dan analisis informasi maupun intelijen pesaing tentang perilaku bisnis, pelanggan, dan lainnya. Analisis ini sudah lama menjadi andalan dalam praktik bisnis dan penting untuk kesuksesan bisnis kamu yang terjun di bisnis digital. Tetapi di era sekarang, dengan munculnya banyak media sosial dan web, cara yang dilakukan dalam melakukan analisis kompetitif pun berubah.

Saat ini kamu tidak harus terjun ke lapangan, tetapi cukup melihat lebih banyak sumber informasi yang ada di internet sesuai dengan bisang yang ingin kamu teliti. Sisi baiknya, informasi yang kamu dapat kumpulkan di perusahaan kompetitor sangat detail dan memungkinkan kamu untuk membangun profil yang sangat rinci tentang siapa pesaing kamu, di mana kelemahan mereka, dan bagaimana kamu dapat memanfaatkan kemampuan bisnis mereka.

Hal penting lain yang perlu diingat ketika merencanakan untuk melakukan analisis kompetitif adalah bahwa kamu tidak boleh hanya memikirkan pesaing langsung kamu. Untuk benar-benar mendapatkan keunggulan, kamu harus memperluas penelitian dan membandingkan kinerja kamu dengan industri dan wilayah kamu secara menyeluruh dan komprehensif.

Analisis kompetitif membantu kamu belajar dari bisnis yang sudah ada dan bersaing untuk mendapatkan pelanggan potensial. Ini adalah kunci untuk menentukan keunggulan bisnismu sehingga bisa menciptakan pendapatan yang berkelanjutan.

Dalam analisis kompetitif , kamu harus mengidentifikasi persaingan bisnismu berdasarkan lini produk atau layanan dan segmen pasar. Nilai karakteristik lanskap kompetitif dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Saham
  2. Kekuatan dan kelemahan Bisnis
  3. Peluang Kamu untuk memasuki pasar
  4. Pentingnya target pasarmu bagi pesaing
  5. Hambatan apa pun yang mungkin menghalangi kamu saat memasuki pasar
  6. Pesaing tidak langsung atau sekunder yang dapat memengaruhi kesuksesan bisnismu

Beberapa industri mungkin bersaing untuk melayani pasar yang sama dengan yang kamu targetkan. Itulah mengapa kamu harus memastikan untuk membedakan analisis kompetitif kamu berdasarkan jenis industrinya. Ada banyak metode untuk melakukan ini, termasuk analisis Lima Kekuatan milik Porter. Faktor industri yang penting untuk dipertimbangkan termasuk tingkat persaingan, ancaman pesaing atau inovasi layanan baru, pengaruh pemasok dan pelanggan terhadap harga.