5 Strategi Mempersiapkan Tabungan Hari Tua agar Sejahtera

Artikel 28 April 2022

Halo Conectizen! Siapa sih yang tidak ingin memiliki masa tua yang tenang dan sejahtera? Sepertinya, hal tersebut merupakan dambaan bagi semua orang, ya. Mengapa persiapan tabungan untuk hari tua menjadi penting? Pertama, supaya mencapai kemerdekaan finansial di hari tua. Kamu tidak ingin, bukan, sudah masa pensiun tetapi masih menghadapi masalah keuangan yang rumit? Kedua, ketahanan finansial diperlukan agar dapat memenuhi segala kebutuhan hidup, bermanfaat untuk membantu sesama, serta berguna dalam melakukan kegiatan produktif.

Menurut penelitian dari Manulife Asia Care pada November 2020, menyatakan bahwa 88% responden Indonesia memiliki pandangan mengenai perencanaan masa pensiun semakin penting sejak pandemi COVID-19. Minat yang tinggi terhadap perencanaan masa pensiun ini berkaitan pula dengan kekhawatiran yang dirasakan 40% responden terhadap kemungkinan menurunnya kesejahteraan akibat COVID-19.

Nah, maka dari itu tabungan hari tua menjadi sangat penting, ya. Lalu, bagaimana cara mempersiapkannya? Ikuti 5 strategi ini:

- Menyusun Rencana Keuangan dengan Jelas

Perencanaan keuangan merupakan variabel penting untuk tabungan masa tua karena dapat menjauhkan kamu dari hutang, lho. Asal perhitungannya juga benar. Perencanaan ini mencakup jangka panjang dan jangka pendek, ya. Kuncinya adalah dengan mengetahui alur masuk dan keluar dari total pendapatan. Perkirakan kapan kamu akan pensiun, tentukan perkiraan kebutuhan sehari-hari, dan ketahui sebanyak apa waktu yang kamu miliki untuk mempersiapkannya.

- Menabung dari Sekarang

Kita tidak bisa produktif selamanya. Maka, alokasikan sedikit dari pendapatan bulanan untuk dimasukkan ke tabungan hari tua. Tidak ada terlambat dalam menabung. Fokuslah untuk berhemat sejak dini dan batasi pengeluaran yang tidak perlu.

- Ambil Investasi Jangka Panjang

Strategi selanjutnya adalah menentukan instrumen investasi yang tepat dan bermanfaat dalam jangka panjang. Ketidaktepatan dalam memilih investasi dapat berakibat kegagalan menyusun keuangan untuk tabungan hari tua. Beberapa instrumen investasi yang dapat kamu pilih berupa reksa dana, saham, dan sebagainya.

- Jaga Kesehatan Keuangan Kamu

Supaya rencana menabung untuk hari tua dapat tercapai, pastikan kamu menjaga kesehatan keuangan kamu, ya. Caranya adalah dengan menghindari hutang konsumtif atau fasilitas pay later. Beban cicilan maksimal yang ditanggung adalah 30% dari pendapatan bulanan. Selain itu, kamu juga bisa mengamankan dana darurat lebih banyak lagi. Misalnya sebesar 10% hingga 20% dari pendapatan rutin. Jangan lupa untuk melakukan budgeting, ya.

- Cari Pekerjaan Sampingan

Guna memperbesar jumlah tabungan, kamu bisa mulai mencari pekerjaan sampingan. Apabila pendapatan saat ini kurang mencukupi, opsi ini bisa diambil agar memperkokoh keuanganmu. Tetapi, pekerjaan sampingan harus bersifat ringan, ya. Jangan sampai mengganggu pekerjaan utama kamu. Tetaplah bekerja dengan profesional. Pekerjaan sampingan ini masih bisa kamu lakukan di masa tua.

Itu dia strategi untuk mempersiapkan tabungan di hari tua. Dengan adanya rencana yang matang, kamu sangat mungkin menjalani hari tua dengan tenteram dan sejahtera. Yuk, semangat dalam menyiapkannya!

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami