8 Pekerjaan Bidang IT yang Paling Dicari di Tahun 2022

Artikel 29 April 2022

Kecanggihan teknologi yang berkembang dengan pesat belakangan ini menjadikan IT sebagai bidang pekerjaan paling banyak dicari, tak terkecuali di tahun ini. Bahkan, menurut  EAB atau Educational Advisory Board sebagaimana dikutip dari Home Business Magazine menyebutkan jika secara global kebutuhan profesional khususnya bidang IT akan mengalami banyak peningkatan.

Jadi, prospek karir di bidang ini pun tentunya menjadi sangat menjanjikan. Buat kamu yang penasaran dengan profesi di bidang IT apa saja yang cocok untuk karier di masa depan, simak dulu rangkumannya berikut ini.

1. Cloud Architect

Cloud architect merupakan seseorang yang menjalankan sekaligus memantau strategi terkait cloud computing milik perusahaan. Termasuk mengelola dan mengatur infrastruktur cloud, terutama dari segi konfigurasi, arsitektur, serta deployment aplikasi di dalam cloud

Diprediksi profesi bakal menjadi salah satu yang banyak dicari perusahaan di masa mendatang. Mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat dan situasi pandemi yang sepertinya belum akan usai.

Jika kamu tertarik dan ingin berkarir di profesi ini, maka kamu harus memiliki latar pendidikan yang sesuai. Seperti bidang ilmu teknik komputer, maupun bidang ilmu terkait lainnya. Selain itu, kamu perlu membekali diri dengan sertifikat profesi dan sejumlah skill, seperti, networking, cloud architecture, dan lain sebagainya.

2. DevOps Engineer

Simplilearn dalam laman resminya menyebutkan bahwa tugas umum seorang DevOps Engineer adalah untuk pengembangan sebuah aplikasi. Baik aplikasi untuk smartphone maupun untuk perangkat yang lain.

Sebagaimana yang banyak orang ketahui, saat ini peran aplikasi smartphone bisa dibilang sangat penting dalam kehidupan. Oleh sebab itu, semakin banyak pula perusahaan yang tertarik mengembangkan aplikasi yang memudahkan para pelanggannya.

Sederhananya, DevOps Engineer merupakan langkah dalam membangun sebuah sistem infrastruktur terintegrasi, terotomatisasi, dan fleksibel. Supaya Developer bisa meluncurkan coding secara cepat serta seefisien mungkin. 

Agar bisa berkarir sebagai DevOps Engineer, kamu perlu memiliki skill programming, sehingga penting untuk banyak belajar mengenai bahasa pemrograman.

3. Programmer Analyst

Tugas sebagai seorang programmer analyst adalah untuk membuat desain sekaligus menyusun kode-kode untuk diimplementasikan pada program baru. Bukan hanya itu, prosesnya pun juga wajib didokumentasikan dengan diagram dan flowchart.

Jika terjadi masalah pada sistem informasi, maka kamu yang harus bertanggung jawab menemukan titik masalahnya. Sehingga, pemahaman tentang bahasa pemrograman semisal Java, C, maupun C+ menjadi salah satu kemampuan utama yang dibutuhkan dalam profesi ini.

4. Product Manager

Di tahun ini, profesi sebagai product manager bisa dibilang cukup banyak dibutuhkan. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengembangan produk digital dari sebuah perusahaan dari awal sampai akhir.

Selain memiliki skill teknis, seorang product manager juga perlu memiliki kemampuan yang cukup baik dalam segi analitis. Termasuk skill seperti strategic thinking, komunikasi, leadership serta internet marketing.

5. AI Engineer

Kecerdasan buatan alias artificial intelligence, tanpa disadari sudah menjadi bagian hidup banyak orang. Algoritma simpek yang membuat pengguna media sosial lebih mudah menemukan konten-konten yang disukai dan juga aplikasi lainnya menjadi satu dari sekian banyak bentuk AI, lho.

Sebab itulah, permintaan akan profesional di bidang ini semakin tinggi, bahkan diprediksi bakal jadi salah satu pekerjaan di bidang IT yang tren di 2022. Buat siapapun dengan latar belakang ilmu matematika, pemrograman, maupun statistika, profesi sebagai AI engineer ini patut untuk dilirik.

6. Data Scientist

Selain banyak dicari di tahun 2022 ini, profesi sebagai data scientist juga termasuk profesi bergaji tinggi. Pasalnya, tugas dan tanggung jawab kerjanya memang bukan hal yang mudah. Sebagai data scientist, setiap harinya kamu akan selalu berjibaku dengan angka dan data.

Tugasnya pun erat dengan artificial intelligence, machine learning, dan juga predictive modeling. Itulah mengapa, untuk bekerja di profesi ini sangat dibutuhkan skill yang kuat di bidang teknologi dan matematis.

7. Software Engineer

Setiap tahun kebutuhan akan software engineer bisa dikatakan tak pernah ada surutnya. Bahkan, di tahun 2022 ini saja termasuk salah satu pekerjaan bidang IT paling dicari. Seorang software engineer memiliki tugas yang cukup banyak, dari mulai mendesain sistem software, mengembangkannya sampai tahap instalasi.

Akibat banyak peminat, persaingan untuk mendapatkan posisi ini bisa dibilang cukup kompetitif. Agar bisa bersaing mendapatkan pekerjaan ini, maka kamu harus membekali diri dengan sejumlah skill yang mumpuni. Termasuk menguasai bahasa pemrograman, UI dan UX hingga teknologi backend dan banyak lagi.

8. Data Engineer

Perlu diketahui bahwa aktivitas dari pengguna internet telah menghasilkan data dalam jumlah besar. Bahkan, data yang dihasilkan setiap harinya hampir menyentuh angka 2.5 quintillion byte. Data-data tersebut nantinya akan digunakan perusahaan agar bisa memperoleh insight bermanfaat. Tak heran jika sebagian besar perusahaan berlomba-lomba bisa mengembangkan teknologi big data.

Inilah mengapa seorang data engineer perannya sangat dibutuhkan. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk membuat perencanaan, desain, hingga mengelola sistem big data.

Raih Karir Cemerlang dengan Keahlian yang Mumpuni

Bekerja di bidang IT bukan semata-mata soal gelar saja, tapi juga dibutuhkan skill dan pengalaman. Jangan harap bisa mendapatkan posisi strategis dengan gaji tinggi jika kamu tak punya kemampuan yang mumpuni. Untuk itu, kembangkan skill dan terus asah kemampuan, dapatkan juga pengalaman agar kamu bisa bersaing di bidang IT. Saat ini banyak media atau penyelenggara yang membuka pelatihan bidang IT. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk memiliki keahlian yang mumpuni sehingga mendapatkan posisi kerja yang diinginkan.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami