Bangun Bisnis Tanpa Modal? Bisa Kok!

Artikel 27 November 2021

Dalam memulai suatu proyek bisnis, salah satu hal terpenting yang pastinya dibutuhkan adalah modal. Banyak orang yang mungkin sudah memiliki ide bisnis, namun masih belum memulai bisnisnya karena belum memiliki modal, utamanya dari segi finansial. Akan tetapi, tahukah kawan Conectizen bahwa sebenarnya entrepreneurs dapat membangun bisnis tanpa modal? Ditolak ketika mengajukan pinjaman ke bank untuk pendanaan tentunya bukan masalah lagi. Wah, bagaimana tuh caranya?

Crowdfunding

Pernahkah kawan Conectizen mendengar istilah “Crowdfunding”? Crowdfunding merupakan salah satu metode pendanaan bisnis yang bisa dilirik para entrepreneurs saat ini. Sesuai dengan namanya, sumber dana metode crowdfunding didapatkan dari banyak orang yang ramai-ramai menyumbangkan uangnya untuk membiayai suatu proyek bisnis. Istilah yang mungkin lebih familiar adalah patungan atau urun dana. Bagaimana bisa crowdfunding berjalan? Mengapa para investor mau untuk melakukan pendanaan ramai-ramai? Terdapat beberapa kondisi yang memungkinkan hal ini untuk terjadi. Apa saja hal-hal tersebut dan bagaimana keuntungan lainnya dari crowdfunding? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini!

Tidak perlu menyiapkan modal dana

Dengan crowdfunding, pebisnis tidak perlu menyediakan uang muka maupun menyerahkan aset maupun harta benda sebagai jaminan, lho! Pebisnis dengan ide yang menarik perhatian investor akan tetap mendapatkan suntikan dana hingga proyek selesai, sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui di awal. Tentu saja, pebisnis yang memperoleh dukungan dana dari para investor harus menjalankan rencana bisnisnya dengan baik dan konsisten agar goal dapat tercapai.

Mendukung proyek-proyek inovatif

Alih-alih mendanai bisnis yang menyediakan produk siap jual, sistem crowdfunding sendiri memberi solusi berapa penciptaan dan meneruskan sebuah produk yang masih butuh perkembangan. Akan tetapi, rencana bisnis harus menarik dan inovatif agar dapat bersaing supaya dilirik oleh para investor sistem crowdfunding. Hal ini disebabkan investor juga akan terpengaruh apabila terdapat kesalahan, kerugian, atau bahkan kegagalan dalam proyek crowdfunding.

Proses yang mudah dan efisien

Pengajuan pendanaan melalui crowdfunding sangat mudah karena dapat dilakukan secara online. Yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan diri ke situs crowdfunding dengan mengunggah proposal bisnis. Mudah, kan? Akan tetapi, jangan lupa untuk terus memantau tiap perkembangan dari proposal bisnis yang diajukan, ya! Tak hanya itu, lakukan pula kampanye dengan branding bisnis yang baik dalam rangka memperoleh perhatian para calon investor.

Bagaimana, kawan Conectizen? Menarik, bukan? Tidak perlu lagi ada kata ragu dalam memulai bisnis karena berbagai macam cara dapat dicoba, bahkan dalam segi pendanaan yang biasanya sulit untuk dilakukan. Siapkan rencana bisnis yang baik dan daftarkan bisnismu sekarang! Tak hanya memperoleh suntikan dana dari crowdfunding, kamu juga bisa melakukan konsultasi bisnis dengan Conecworld, lho! Tunggu apa lagi?

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami