• Blog
  • News
  • Barantan Palu Buka Pasar Tani, Antisipasi Kelangkaan Pangan Jelang Lebaran

Barantan Palu Buka Pasar Tani, Antisipasi Kelangkaan Pangan Jelang Lebaran

News 28 April 2022

TIMESINDONESIA, PALU – Balai Karantina Pertanian (Barantan) Palu buka Pasar Tani Ramadan 1443 H di Halaman Kantor Barantan Palu, Rabu (27/4/2022).

Pasar Tani ini dibuka untuk mengantisipasi kelangkaan dan lonjakan harga bahan pokok menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama, Informasi Perkarantinaan (Kapus KKIP) Kementan Junaidi menjelaskan, melalui Pasar Tani ini masyarakat bisa mendapat informasi bahwa bahan pokok ini selalu tersedia.

Sehingga, lanjut dia, masyarakat jangan latah belanja jenis komoditi pangan secara berlebihan yang nantinya menyebabkan terjadinya kelangkaan dan harga yang melonjak.

Kata dia, Pasar Tani ini terselenggara atas inisiatif Mentan Syahrul Yasin Limpo. Sebelumnya, Mentan melihat ada kekhawatiran masyarakat menjelang lebaran akan terjadi lonjakan harga dan kelangkaan bahan pokok.

“Untuk mengatasi kekhawatiran itu, maka dibuatlah Pasar Tani. Melalui Pasar Tani ini, masyarakat akan mendapatkan informasi bahwa ketersediaan bahan pokok tidak mengalami kelangkaan di Sulteng,” jelasnya.

Kepala BKP Kelas II Palu Amril menambahkan pasar tani yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian ini bekerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya selama tiga hari ini.

"Semua bahan pangan pokok yang disediakan di pasar tani ini memiliki kualitas yang baik dengan harga terjangkau," ungkapnya.

Bahan pokok yang tersedia di pasar tani antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, sayur mayur, buah-buahan dan masih banyak lagi komoditas pangan lainnya.

Ia berharap dengan adanya pasar tani ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya terlebih untuk 12 bahan pangan pokok jelang hari raya Idul Fitri 1443 H

Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir saat membuka secara resmi Pasar Tani Ramadan menyambut positif adanya kegiatan yang digagas oleh Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Palu.

Menurut dia, pertanian ini sektor menjanjikan terkhusus bagi masyarakat karena tidak pernah akan habis dan menjadi kebutuhan penting sehingga adanya momen pasar tani ini sangat membantu masyarakat.

Indra salah satu warga Kota Palu merasa bersyukur dengan adanya Pasar Tani, Ia tak perlu jauh-jauh belanja ke pasar untuk kebutuhan bahan pokok menjelang lebaran. "Semua bahan pokok yang menjadi kebutuhan saya ada disini. Sayur mayurnya masih segar harganya juga terjangkau," ungkapnya.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami