Biografi Elang Gumilang, Pengusaha Sukses di Bidang Properti

Biografi 27 April 2022

Halo rekan Conectizen! Siapa yang tidak ingin sukses di usia muda? Kali ini kita akan mengulas sepak terjang dari Elang Gumilang. Seorang pengusaha properti yang berprestasi dan mendapat pujian dari orang nomor satu se-Indonesia, Joko Widodo. Yuk, simak perjalanan bisnisnya.

Berasal dari Keluarga Berkecukupan

Elang Gumilang lahir di Bogor, 4 Juni 1985 dari pasangan H. Enceh dan Hj. Prianti. Ayahnya adalah seorang kontraktor dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Meski hidup berkecukupan secara finansial, Elang tidak manja. Ia rajin menabung dan pandai dalam berwirausaha. Jiwa dagangnya telah mengalir sejak kecil. Elang juga pintar secara akademik. Kecerdasannya dibarengi dengan sikap rendah hati yang luar biasa, sehingga ini mengantarkannya menjadi pebisnis yang membantu banyak orang.

Berjualan Donat Demi Misi 10 Juta Rupiah Pertama

Sebelum masuk ke bangku kuliah, Elang memiliki misi untuk mendapat 10 juta pertama. Uang tersebut ia kumpulkan dengan cara berjualan donat dari kelas ke kelas dan keliling di sekitar rumahnya. Uniknya, orang tuanya tidak mengetahui kegiatan Elang yang satu ini. Setiap sore, Elang mengambil beberapa boks donat dan menjajakannya. Dalam sehari, ia mendapat laba sebesar 50 ribu rupiah. Kemudian, orang tuanya akhirnya tahu dan menyuruhnya untuk berhenti dulu agar fokus dengan ujian masuk perguruan tinggi. Elang pun menurutinya dan berhasil masuk Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB).

Mencoba Berbagai Bisnis

Ketika kuliah, kemampuan wirausahanya semakin baik. Ia pernah berjualan sepatu dengan modal Rp 1 juta dan omzet Rp 3 juta. Tetapi, bisnisnya ini tidak berjalan lama karena kualitas sepatu pemasok menurun. Elang banting setir menjadi pemasok lampu di kampus. Awalnya, ia ingin berbisnis ayam potong, tapi tidak jadi. Ketika memasok lampu, ia menghasilkan keuntungan sebesar Rp 15 juta. Namun, bisnis itu juga berakhir karena tidak selalu laku tiap harinya.

Tidak patah semangat, Elang mencoba peruntungan dengan menjual minyak goreng yang dibutuhkan setiap hari. Sebelum berangkat ke kampus, Elang melakukan stocking di warung-warung. Namun, bisnis yang ia jalani membuatnya kelelahan dan sering tertidur di kelas. Elang mulai memikirkan bisnis lain. Ia dan seorang teman membuka kursus bahasa Inggris dengan modal Rp 21 juta. Disambi dengan menjadi tenaga penjual dan pemasaran properti di wilayah Bogor. Ia mendapat uang dari komisi penjualan.

Terjun ke Dunia Pengembangan Properti

Berbekal pengalaman menjadi agen promosi, Elang memberanikan diri untuk mengikuti tender perusahaan kontraktor untuk membuat bangunan, mulai dari sekolah hingga gedung perkantoran. Elang membeli lahan di Cinangneng, Bogor untuk dijadikan perumahan yang ditujukan kepada masyarakat kelas menengah ke bawah. Keberhasilannya itu mengantarkannya menjadi agent of change karena berkontribusi terhadap rakyat kecil. Di tahun 2007, ia mendirikan Elang Group dengan proyek pertama berupa Griya Salak Indah yang terjual 450 unit, dengan harga Rp 25 juta per-unit.

Konsep real estate yang diusungnya semakin berkembang dengan harga jual dari Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar di kawasan Bogor Barat. Ia mampu mendapatkan kurang lebih Rp 56 triliun dari keseluruhan hasil penjualan. Kini, cita-cita Elang adalah memiliki ratusan ribu pegawai agar mengentaskan angka pengangguran di Indonesia.

Daftar Penghargaan

Sebagai seorang pebisnis yang berprestasi, berikut daftar penghargaan yang berhasil diraih oleh Elang Gumilang.

  1. Posisi I Wirausaha Muda Mandiri (2007)
  2. Top Youth Entrepreneur versi Warta Ekonomi (2008)
  3. Man of The Year versi Jawa Pos (2008)
  4. Pemuda Pilihan versi TV One (2008)
  5. Juara Lelaki Sejati Pengobar Inspirasi versi Bentoel (2009)
  6. Tokoh Pilihan Majalah Tempo (2009)
  7. Penghargaan Ernst & Young Indonesian Entrepreneur of The Year (2010)
  8. Pemuda Andalan Nusantara (2010)
Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami