Definisi Sebenarnya dari Seorang Entrepreneur

Artikel 27 November 2021

Menjadi seorang entrepreneur memang tidaklah mudah. Dalam menjalanannya, pasti ada saja masalah dan resiko yang harus dihadapi. Definisi dari entrepreneur itu sendiri adalah seseorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan atau menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Sederhananya, entrepreneur adalah seorang pengusaha atau orang yang melakukan kegiatan wirausaha.

Namun, banyak orang mengira bahwa menjadi seorang entrepreneur berarti menjadi seorang yang memiliki dan membangun bisnisnya sendiri. Entrepreneur juga sering disalah artikan sebagai suatu pekerjaan yang ekslusif dan sulit untuk digapai. Namun sebenarnya, ada perbedaan antara seorang entrepreneur dan juga pebisnis itu sendiri.

Menurut Dwi Larso, Ph.D, salah satu pengajar di School of Business Management, Institut Teknologi Bandung, perbedaan antara pebisnis dan entrepreneur terdapat pada cara pandang dan perilakunya dalam menjalankan sesuatu. Tujuan utama dari menjadi seorang entrepreneur adalah memberi perubahan dan mengembangkan passion untuk mencapai tujuan akhir berupa kesenangan dan kepuasan. Sedangkan pebisnis akan menjalankan usahanya hanya untuk mengejar keuntungan dan keuangan yang stabil.

Selain itu dari segi definisi sukses sendiri, menurut seorang pebisnis kesuksesan mereka adalah ketika bisnis yang meliputi dirinya sendiri, partner bisnis, karyawan, pelanggan, investor, dan juga komunitas telah berhasil dilaksanakan. Sedangkan, menurut entrepreneur melakukan pekerjaannya dan membiarkan perjalanan bisnisnya yang akan mendefinisikan kesuksesan yang ia capai merupakan pandangan suksesnya.

Sehingga sebenarnya, entrepreneur bukanlah suatu pekerjaan yang ekslusif. Seorang entrepreneur bisa berasal dari mana saja dengan berbagai ide, kemampuan dan asset yang beragam. Hanya perlu mental yang kuat dan berani untuk mencoba untuk bisa menjadi entrepreneur yang sukses.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami