• Blog
  • Artikel
  • Gimana Sih Cara Mengoptimalkan Skill Time Management? Simak Tipsnya, yuk!

Gimana Sih Cara Mengoptimalkan Skill Time Management? Simak Tipsnya, yuk!

Artikel 27 November 2021

Setiap orang pasti memiliki sebuah impian yang ingin dicapai, baik itu impian jangka panjang maupun jangka pendek. Salah satu impian yang dimiliki oleh kebanyakan orang adalah menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Dan tentunya, untuk mencapai impian tersebut diperlukan kerja keras untuk dapat memaksimalkan potensi dalam diri.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara untuk mengembangkan potensi dalam diri, terutama skill untuk memanajemen waktu dengan baik.Manajemen waktu merupakan suatu guideline yang terdiri dari suatu perencanaan, pengendalian dan struktural cara menggunakan waktu yang kita punya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Dengan manajemen waktu yang baik, kita dapat meningkatkan kinerja sehingga menunjang segala potensi yang dimiliki.

Salah satu tips untuk menerapkan time management yang baik pertama-tama adalah dengan menentukan skala prioritas. Skala prioritas ini bisa menjadi suatu pedoman apakah pekerjaan tersebut harus dilakukan saat ini ataupun tidak perlu dikerjakan sama sekali. Ada 4 kuadran yang terdapat dalam skala prioritas, yang disajikan dalam bentuk matriks seperti dibawah ini:

Screen Shot 2021-06-18 at 15.29.41.png


Pembagian kuadran tersebut didasari oleh seberapa mendesak dan seberapa penting pekerjaan yang harus dilakukan. Semakin mendesak dan semakin penting suatu pekerjaan, maka pekerjaan itu harus segera dilakukan. Sementara sebaliknya, untuk pekerjaan tidak mendesak dan tidak penting bisa kita hapus saja dari list pekerjaan kita. Sehingga, waktu yang kita miliki dapat dioptimalkan untuk mengerjakan hal-hal yang benar-benar bermanfaat bagi kita.

Dengan adanya skala prioritas ini, kita dapat lebih fokus dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Tidak ada waktu yang terbuang sia-sia karena kita mengerjakan sesuatu yang kurang penting dan kurang mendesak, karena hal tersebut bisa kita lakukan saat kita sudah memiliki waktu luang. Memiliki keterampilan manajemen waktu yang kuat pada akhirnya dapat mengarahkan kita kepada pencapaian tujuan utama dan memajukan posisi kita untuk berkarir.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami