Hidupkan Hidupmu dengan Konsep Ikigai!

Artikel 27 November 2021

Setiap orang pasti pernah mengalami kebingungan dalam menjalani hidup, terutama dalam proses menentukan tujuan dan pilihan hidup. Hal tersebut biasanya terjadi pada masa remaja dimana menentukan tujuan dan pilihan hidup merupakan suatu hal yang teramat sulit dilakukan. Tak jarang pula, pandangan orang lain turut menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan. Padahal sebenarnya dalam menentukan suatu pilihan yang berkaitan dengan masa depan kita sendiri harus dipikirkan berdasarkan apa yang kita kuasai dan membuat kita bahagia.

Dalam hal ini, orang Jepang memiliki suatu prinsip yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan masalah tersebut. Prinsip ini bernama Konsep Ikigai yang berarti “the purpose of life” atau “tujuan hidup”. Konsep ini memiliki prinsip untuk membuat hidup menjadi lebih bermakna, berharga dan juga seimbang.

Screen Shot 2021-08-08 at 07.37.14.png

Pada dasarnya, Konsep Ikigai merupakan suatu irisan dari empat diagram venn yang dimana tiap diagram berisi apa yang kamu cintai, apa yang kamu kuasai, apa yang dunia butuhkan dan juga apa yang membuatmu bisa dibayar. Menemukan Ikigai berarti menemukan titik tengah dari keempat hal tersebut dari diri kita.

Untuk bisa berhasil menemukan Ikigai, setidaknya kita memerlukan waktu khusus untuk merenung dan memikirkannya secara matang. Buatlah list dari setiap poin dari empat diagram diatas. Jangan memikirkan hal-hal lain dan fokuslah pada apa yang kamu cari. Hal ini memang tidak mudah, namun hasilnya sangat bermanfaat untuk kita dalam menjalani hidup kedepannya. Selain itu, apabila kalian sudah menemukan Ikigai, coba jalani hal tersebut secara konsisten. Tidak perlu membandingkan dengan hidup orang lain karena Ikigai setiap orang itu berbeda, begitu juga dengan timelinenya.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami