• Blog
  • News
  • Jelang Mudik, Rental Mobil Kewalahan Menolak Customer

Jelang Mudik, Rental Mobil Kewalahan Menolak Customer

News 28 April 2022

Jelang momen mudik lebaran, rental mobil di surabaya mulai kehabisan unit hingga tolak permintaan penyewa. Animo mudik masyarakat meningkat seiring pelonggaran PPKM Level satu.

Handaru pemilik rental mobil Asmoro Transportastion di Surabaya menyebut, permintaan rental mobil pada tahun ini mengalami peningkatan cukup significant.

“Ada mungkin dua ratus permintaan yang saya tolak. Gimana lagi, unit nya sudah habis di tanggal yang diminta,” kata Handaru pada suarasurabaya.net, Rabu (27/4/2022)

Handaru menyampaikan, 49 total unit mobil di bawah managemen nya sudah habis tersewa pada puncak permintaan tertinggi di tanggal 30 April dan 1 Mei 2022.

“Rata-rata orang menyewa untuk tujuh sampai depalan hari. Tapi untuk sistem paket sewa lebaran, minimal lima hari. Tanggal 30 April dan 1 Mei hanya penjemputan atau pengambilannya,” paparnya.

Dalam melayani kebutuhan selama momen lebaran, pihak rental nya menawarkan sistem sewa paket yang dimulai dari harga Rp2 juta hingga Rp2,5 juta untuk 5 hari sewa.

“Kalo bicara peningkatan, bisa dibilang lebih dari seratus persen ya. Karena dulu sewaktu pandemi tahun sebelumnya unit kita masih sedikit, itupun nggak semua laku. Lebaran tahun lalu minim sewa tiga hari, itu aja ada yang masih nggak laku. Kalo sekarang minim sewa lima hari, tapi rata-rata orang ambil buat seminggu,” ujarnya.

Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi saat pandemi dua tahun belakangan.

Pandemi sempat memaksa pelaku usaha rental mobil memutar otak. Pihak rentalnya mengaku sempat menurunkan harga sewa menjadi Rp150 – 175 ribu per 24 jam selama pandemi.

“Itu aja untuk keperluan mengantar masker waktu itu. Jalan pun cuma dua kali dalam seminggu,” ungkapnya.

Handaru menjalankan bisnisnya di bantu 10 orang marketing dan mengaku mendapatkan 90 persen customer dari platform Facebook.

Dia menyediakan unit mobil dengan segala merek mulai dari Avanza, Inova Reborn, Calya, Mobilio, Toyota Alphard hingga Daihatsu Rocky keluaran terbaru.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wahyudi pemilik rental mobil Yudi Trans yang berada di kawasan Waru.

“Tahun ini agak padat dibanding tahun lalu. Tahun lalu banyak yang cancel pemesanan,” tutur Wahyudi.

Agak berbeda, tak hanya unit mobil, Yudi Trans menyewakan sepaket dengan driver dan dibanderol Rp1,2 juta per 12 jam.

Ia mengatakan hampir semua unitnya telah tersewa.

“Dari enam unit, lima di antaranya sudah ada yang booking untuk tanggal 29 Maret sampai 8 Mei,” pungkasnya.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami