Startup vs Bisnis Kecil; yang Manakah Usahamu?

Artikel 29 November 2021

Ketika seorang wirausahawan meluncurkan bisnis, dia mungkin memiliki perspektif yang berbeda tentang perusahaan rintisan atau startup versus bisnis kecil. Meskipun kedua jenis bisnis ini memiliki banyak kesamaan, ada beberapa perbedaan signifikan yang harus diperhatikan saat membentuk perusahaan Anda sehingga Anda tidak membuat keputusan yang salah sejak dini. Tidak mengherankan bahwa istilah "startup" begitu cepat diintegrasikan ke dalam kosakata sehari-hari komunitas bisnis, mengingat peluncuran dan pengembangan eksponensial perusahaan yang sangat cepat.

Apa itu Startup?

Startup adalah bisnis dalam tahap awal pengembangannya yang menyediakan produk atau layanan yang saat ini tidak tersedia di tempat lain di pasar, atau yang menurut pendirinya dapat mereka sediakan dengan cara yang unggul untuk ditawarkan kepada pasar saat ini.

Apa itu Bisnis Kecil?

Salah satu karakteristik yang paling penting dari sebuah perusahaan kecil adalah ukuran serta keuntungan yang stabil. Bisnis kecil tidak menjadikan pengembangan produk sebagai tujuan utamanya. Biasanya usaha jenis ini ditandai dengan perusahaan atau usaha dengan karyawan yang relatif sedikit dan jumlah sales yang kecil namun konsisten.

Startup Vs Bisnis Kecil: Inovasi

Inovasi produk atau layanan adalah salah satu perbedaan paling signifikan antara startup dan bisnis kecil. Bisnis kecil tidak mengklaim sebagai satu-satunya yang menyediakan sebuah produk atau jasa.. Bisnis kecil sadar mereka adalah salah satu dari banyak bisnis yang mirip atau malah sama persis. Bukan berarti bahwa usaha kecil tidak berjuang untuk pertumbuhan yang cepat dan konsisten, ya, Conectizen; mereka tetap melakukannya tetapi dengan cara yang berbeda. Perusahaan kecil akan berkonsentrasi untuk menghasilkan pendapatan yang konsisten sambil menjaga biaya produksinya tetap rendah.

Sementara itu, bagi sebuah startup, hal terpenting adalah berinovasi. Startup dimaksudkan untuk menghasilkan sesuatu yang baru atau meningkatkan sesuatu yang sudah ada. Perbedaan penting lainnya antara perusahaan kecil dan perusahaan startup adalah hal satu ini.

Startup Vs Bisnis Kecil: Perbedaan Pendanaan

Startup sering didukung oleh venture capital atau kapital ventura. Memperoleh dana dari kapital ventura inilah yang mengharuskan pengusaha startup harus selalu rutin melaporkan prediksi pertumbuhan mereka dan menunjukkan bagaimana investasi yang diberikan akan meningkatkan nilai startup. Saat mengajukan penawaran ke kapital ventura, Anda harus menawarkan rencana bisnis yang menunjukkan bagaimana pertumbuhan ini dapat dicapai dan bagaimana hal itu akan meningkatkan nilai perusahaan startup Anda.

Sementara itu, karena usaha kecil tidak menghubungi pemodal besar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kekayaan investasi, mereka tidak perlu menunjukkan perkiraan pendapatan yang tinggi. Akibatnya, sebagian besar pendanaan mereka berasal dari bank atau pemberi pinjaman alternatif pinjaman perusahaan kecil.

Startup Vs Bisnis Kecil: Faktor Risiko

Keinginan seorang pendiri untuk menciptakan sesuatu yang baru biasanya mengarah pada pembentukan sebuah startup. Sesuatu yang baru bisa berupa produk baru, layanan baru, atau metode pemasaran yang sama sekali baru. Ini berarti bahwa jumlah upaya yang diperlukan untuk membangunnya dari bawah ke atas seringkali lebih besar daripada yang dibutuhkan oleh usaha kecil. Akibatnya, ini adalah hal yang lebih berisiko. Usaha inovasi startup jauh lebih berisiko daripada bisnis kecil. Startup membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha secara signifikan, tetapi mereka juga memiliki risiko kegagalan yang lebih besar.

Di sisi lain, dengan melakukan semua hal sendirian, perusahaan yang lebih kecil juga mengambil tingkat risiko tertentu, tetapi bahayanya berbeda. Mayoritas pemilik usaha kecil tidak berinovasi. Perusahaan mereka sudah memiliki rencana bisnis yang mapan untuk diikuti. Karena perusahaan kecil tidak sepenuhnya fokus pada ekspansi pasar dan produk, kesuksesan biasanya membutuhkan waktu lebih lama. Mereka suka bekerja dengan metode perusahaan yang terbukti benar dan tidak terlalu peduli dengan ekspansi yang cepat.

Startup Vs Bisnis Kecil: Untung

Keuntungan pertama dari sebuah startup bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun lho. Tujuan utamanya adalah mengembangkan produk yang akan dinikmati dan dijual oleh konsumen. Jika tujuan ini terpenuhi, barulah startup akan menghasilkan keuntungan. Di sisi lain, usaha kecil difokuskan untuk menghasilkan pendapatan dan, jika memungkinkan, mendapat untung sejak hari pertama, bukan untuk berinovasi soal produk yang ditawarkan ke pasar.

Semoga membantu, ya Conectizen. Jadi, usaha kamu masuk kategori mana nih?

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami