• Blog
  • Artikel
  • Strategi Menentukan Niche Market Untuk Keberhasilan Bisnis Kamu

Strategi Menentukan Niche Market Untuk Keberhasilan Bisnis Kamu

Artikel 28 April 2022

Membangun sebuah bisnis pasti didasari dengan keinginan untuk mendapatkan keuntungan. Sebagai seorang pebisnis, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan dalam mencapai hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menentukan niche market. Apa sih niche market itu?

Niche market merupakan target pasar spesifik yang dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan yang ditawarkan. Menentukan target pasar yang spesifik dapat membantu kamu meraih keberhasilan lebih tinggi daripada masuk ke pasar luas. Contoh dari niche market banyak sekali. Mulai dari menstrual cup untuk pasar perempuan, sedotan yang dapat dipakai ulang, makanan vegan, gula ramah pengidap diabetes, tepung bebas gluten, kursi gaming, hingga GPS pelacak hewan.

Produk-produk tersebut memiliki pasar yang spesifik. Nah, lalu bagaimana strategi untuk menentukan niche market? Simak poinnya di bawah ini.

- Buat Daftar Hal-hal yang Kamu Minati

Langkah utama dalam menentukan niche market adalah membuat daftar topik yang kamu suka. Ini akan memberikan kamu pencerahan dalam memilih niche market. Mengapa harus membuat daftar mengenai hal-hal yang kamu minati? Jika kamu memiliki ketertarikan terhadap sesuatu, maka kemungkinan bisnis yang kamu jalani bisa menjadi besar karena ide yang tumbuh berangkat dari apa yang disukai.

- Riset Kebutuhan Pelanggan

Tahap selanjutnya adalah mengetahui permasalahan dan apa yang dibutuhkan pelanggan. Caranya dengan melakukan riset pasar dan identifikasi apa saja permasalahan yang ada. Dari sana, kamu bisa memproduksi barang atau layanan yang tepat serta menjadi solusi yang dapat membantu menguraikan masalah dari pelanggan.

- Tawarkan Keunikan Produk

Wujudkan ide unik kamu dalam produk. Ini akan memudahkan kamu dalam menjual sesuatu karena minim pesaing. Temukan dengan cara mencari kebutuhan yang bersifat urgent dan belum ada solusinya. Sebagai contoh, Gojek yang menawarkan transportasi online, pemesanan makanan, dan jasa antar dengan mudah hanya lewat ponsel.

- Analisis Kompetitor

Walau menjual produk tanpa adanya banyak pesaing bisa memudahkan, tetapi yang namanya kompetisi akan selalu ada. Lakukan analisis kompetitor dan lihat apakah masih ada peluang untuk menjadi lebih unggul. Gunakan google trends dan google keyword planner untuk melakukan riset terhadap kompetitor yang potensial. Perhatikan produk-produk yang banyak dicari konsumen dan tengok kembali apakah produk kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka.

- Uji Coba Pasar

Strategi terakhir yaitu dengan melakukan uji coba pasar. Buat website untuk melakukan pemesanan produk. Jangan berkecil hati apabila produk kamu tidak terjual banyak di awal-awal. Lakukan testing terlebih dahulu dan lihat apakah produk kamu mendapat atensi dari pelanggan. Teruslah melakukan uji coba hingga membuahkan hasil.

Nah, itu dia ulasan mengenai strategi menentukan niche market agar bisnis kamu menuai keuntungan di kemudian hari. Semakin spesifik target pasar kamu, semakin mudah jalanmu untuk menuju keberhasilan.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami