• Blog
  • News
  • Subsidi Rp 3,6 T, Menko Perekonomian RI: Pemerintah Sediakan Minyak Goreng Rp 14.000 per Liter

Subsidi Rp 3,6 T, Menko Perekonomian RI: Pemerintah Sediakan Minyak Goreng Rp 14.000 per Liter

News 06 January 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah memutuskan untuk mengucurkan subsidi sebesar Rp 3,6 triliun. Dana itu untuk menyediakan minyak goreng murah bagi masyarakat dengan harga Rp14.000 per liter.

Minyak goreng murah kemasan sederhana dengan harga khusus di tingkat konsumen akan disediakan sebanyak 1,2 miliar liter yang berlaku di seluruh Indonesia.

“Penyediaan ini disiapkan untuk 6 bulan ke depan dan akan dievaluasi di bulan Mei dan ini dapat diperpanjang,” kata Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Kebijakan Pemerintah terkait Harga Minyak Goreng di Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Airlangga mengungkapkan, subsidi minyak goreng tersebut  berasal dari anggaran Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) pada 2022 ini.  Pemberian subsidi minyak goreng ini sesuai dengan arahan Presiden berdasarkan hasil dalam sidang kabinet Paripurna pada 30 Desember 2021.

Selanjutnya, komite pengarah memutuskan BPDPKS menyediakan dan melakukan pembayaran sebesar Rp 3,6 triliun. Nantinya, BPDPKS dapat menunjuk surveyor untuk menyetujui perubahan postur anggaran tersebut.

Selain itu, dalam hasil rapat terbatas juga membahas terkait pangan. Dengan menugaskan Menteri Perdagangan memberikan kepastian ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau, melalui regulasi terkait dengan harga eceran tertinggi.

Sementara BPDPKS bertugas menyiapkan pendanaan untuk 6 bulan termasuk pembayaran PPN dan perjanjian kerjasama serta penetapan surveyor independen.

Adapun, lanjut Menko Perekonmian RI, tugas Menteri Keuangan menyiapkan tata pemungutan dan setoran PPN atas selisih harga, mengadopsi peraturan Dirjen pajak, dan lembaga lain termasuk kementerian perindustrian terkait dengan SNI.

Bagikan artikel ini

Artikel Terbaru Kami